Friday, May 15, 2020

Mengatasi Tumor Otak dengan Obat Herbal

Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda ketika mendengar kata "tumor otak"? sebagian orang berpikir bahwa tumor otak merupakan penyakit berbahaya dan mengancam keselamatan nyawa. Lantas, bagaimana cara menangani tumor otak? Adakah obat herbal tumor otak yang ampuh? Simak penjelasan di bawah ini.

Tumor otak adalah suatu kondisi di mana otak mengalami pertumbuhan sel abnormal secara tak terkendali. Meski berguna untuk melindungi otak Anda, namun tengkorak juga memiliki ruang yang terbatas. Maka itu, pertumbuhan sel yang tidak terkendali tersebut dapat menimbulkan masalah serius, salah satunya tumor otak. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka tumor otak dapat menyebabkan kerusakan yang bahkan dapat mengancam keselamatan.

Pada dasarnya, terbentuknya tumor otak adalah akibat adanya pertumbuhan jaringan abnormal di otak. Kondisi ini juga tergantung dengan jenis tumor otak yang dialami. Pasalnya, tumor otak ada yang jinak dan ada juga yang ganas.

Selain itu, perlu Anda ketahui, bahwa munculnya tumor di otak bisa berasal dari jaringan otak itu sendiri (tumor otak primer), dan bisa juga berasal dari kanker pada organ jaringan lain yang menyebar ke otak (tumor otak sekunder).

Gejala Tumor Otak


Gejala tumor otak sendiri sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada jenis tumor yang dialami. gejala yang muncul juga dipengaruhi oleh ukuran, lokasi dan kecepatan pertumbuhan tumor. Umumnya, tumor otak yang berukuran kecil tidak menimbulkan gejala. Namun seiring berkembangnya tumor otak, maka dapat muncul gejala berupa sakit kepala, gangguan saraf, hingga kejang-kejang.

Penyebab Tumor Otak


Terbentuknya tumor otak adalah akibat adanya perubahan atau mutasi genetik di dalam sel otak. Sementara itu, perubahan mutasi gen tersebut masih belum diketahui dengan pasti. Meski begitu, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko seseorang terkena tumor otak, yaitu faktor usia, keturunan, dan pernah menjalani radioterapi.

Jenis Tumor Otak


Berikut ini adalah beberapa jenis tumor otak menurut lokasi pertumbuhannya, yaitu :

1. Glioma

Jenis tumor otak jinak ini tumbuh pada jaringan glia, yakni jaringan yang mengikat sel saraf dan serat, termasuk saraf tulang belakang. Tumor otak glioma merupakan kasus tumor otak yang paling banyak ditemukan

2. Meningioma

Jenis tumor otak jinak meningioma ini tumbuh pada selaput yang melindungi otak dan saraf tulang belakang. Dalam kebanyakan kasus, jenis tumor otak ini tidak berpotensi menjadi kanker.

3. Hemangioblastoma

Hemangioblastoma merupakan jenis tumor otak yang terjadi pada pembuluh darah otak. Kondisi ini dapat menyebabkan badan menjadi lumpuh sebagian dan mengalami kejang-kejang.

4. Neuroma akustik

Neuroma akustik merupakan jenis tumor otak jinak yang terjadi pada saraf akustik, yakni saraf yang berfungsi untuk membantu mengendalikan keseimbangan dan pendengaran.

5. Adenoma pituitari

Adenoma pituitari merupakan jenis tumor otak jinak yang terjadi pada kelenjar pituitari, yakni kelenjar kecil yang terletak di bawah otak. Sebagian besar tumor otak ini bersifat jinak, tetapi dapat memengaruhi hormon pituitari dengan efek yang terjadi ke seluruh tubuh.

6. Kraniofaringioma

Kraniofaringioma merupakan jenis tumor otak jinak yang terjadi di dekat dasar otak, dan lebih banyak ditemukan pada  anak-anak dan remaja. Meski termasuk jenis tumor otak yang langka atau jarang terjadi, namun tumor otak ini dapat memengaruhi kelenjar pituitari dalam otak yang mana memiliki fungsi melepas hormon pada tubuh, hingga struktur otak lainnya.

7. Medulloblastoma

Medulloblastoma merupakan jenis tumor otak yang bersifat kanker dan kebanyakan dialami oleh anak-anak. Jenis tumor otak ini tumbuh dari bagian bawah di belakang otak, dan cenderung menyebar hingga ke cairan saraf tulang belakang.

8. Tumor neuroektodermal primitif (PNETs)

Tumor neuroektodermal primitif (PNETs) merupakan salah satu jeins tumor otak langka yang bersifat kanker. Jenis tumor otak ini dapat tumbuh di bagian otak mana saja dan berawal dari sel janin otak.

9. Tumor sel germinal

Jenis tumor otak ini umumnya berkembang di masa kanak-kanak ketika testikel atau ovarium mulai terbentuk. Jenis tumor ini kadang-kadang juga bisa berpindah ke bagian tubuh lain, termasuk otak.

Selain jenis-jenis tumor otak di atas, ada juga tumor otaj yang terdiri dari gabungan beberapa jenis tumor, atau gabungan tumor dengan berbeda tingkatan. Sedangkan penanganan yang dapat dilakukan sangat bergantung pada tingkat keparahan tumor, lokasi terbentuknya tumor, hingga kondisi kesehatan pasien.

Stadium Tumor Otak Ganas


Tumor ganas pada otak juga disebut dengan kanker otak. Tedapat 4 stadium tumor otak yang dapat dilihat melalui perkembangan sel tumor serta perluasan penyebarannya, yaitu :
  • Stadium 1

Pada stadium ini, jika dilihat dari bawah mikroskop, maka sel tumor masih tampak normal dan pertumbuhannya pun cenderung lambat.
  • Stadium 2

Sama seperti stadium sebelumnya, stadium 2 juga ditunjukan dengan pertumbuhan sel tumor yang cenderung lambat. Namun, sel tumor mulai tampak tidak normal dan jika diangkat kemungkinan akan tumbuh kembali.
  • Stadium 3

Pada stadium 3, sel tumor tidak lagi menyerupai sel normal, dan perkembangannya pun lebih aktif.
  • Stadium 4

Pada stadium ini, sel tumor sudah berbeda jauh dengan sel normal dan dapat tumbuh secara cepat.

Penanganan Tumor Otak


Penanganan tumor otak diawali dengan dokter yang melakukan pemeriksaan saraf dan pemeriksaan lain, seperti CT scan atau MRI otak yang bertujuan untuk melihat adanya tumor otak. Setelah itu, dokter akan meenentukan jenis tumor otak melalui biopsi tumor, yaitu dengan pengambilan sampel jaringan tumor untuk iperiksa dengan mikroskop. Dalam penentuan jenis tumor tersebut, dokter juga dapat memperkirakan keparahan penyakit dan merencanakan pengobatan yang tepat.

Baik pengidap tumor otak jinak atau tumor otak ganas, dapat menjalani pengobatan dengan metode radioterapi, kemoterapi, atau pembedahan. Setelah pengobatan tumor otak, penderita juga dapat menjalani fisioterapi guna mempercepat proses pemulihan.

Obat Herbal Tumor Otak


Selain dengan pengobatan medis, pengobatan tumor otak jinak maupun ganas juga dapat disertai dengan penggunaan obat herbal untuk tumor otak. Ada banyak obat herbal yang bertujuan untuk mengobati tumor otak, salah satu yang terbaik adalah obat herbal LING SHEN YAO. Obat herbal LING SHEN YAO terbuat dari bahan alami berkasiat, teruji secara klinis, dan teregistrasi BPOM. Ling Shen Yao juga telah mendapat label halal dari MUI.



LING SHEN YAO terbukti berhasil membantu banyak penderita tumor dan kanker dalam menjalani pengobatannya. Ini berarti Anda juga dapat memanfaatkan obat herbal ini untuk mengobati tumor otak. Anda dapat mengetahui lebih jauh mengenai khasiat obat herbal lingshenyao disini.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai tumor otak dan bagaimana cara pengobatannya. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan manfaat bagi Anda semua.


Disqus Comments