Wednesday, May 6, 2020

3 Manfaat Buah Nanas untuk Tumor


Apa Anda penasaran mengenai manfaat nanas untuk tumor? Jika begitu, dalam ulasan kali ini kami akan membahas mengenai manfaat buah nanas untuk tumor. Namun, sebelum itu ada baiknya jika Anda mengenal lebih jauh seperti apa itu penyakit tumor.

Tumor termasuk salah satu penyakit yang terdengar menyeramkan dan ditakuti oleh banyak orang, sebab tumor bisa jadi bersifat ganas dan membahayakan kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Seperti apa sebenarnya penyakit tumor itu? Tumor sendiri merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan akibat sel yang memperbanyak dirinya secara berlebihan dan tak terkendali. Tumor juga bisa muncul saat sel lama yang seharusnya mati justru masih ada dan bertahan hidup, sedangkan pembentukan sel baru juga terus terjadi.

Perlu Anda ketahui, bahwa tumor dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, seperti kulit, mulut, tulang, rahang, dan sebagainya. Selain itu, tumor dibagi menjadi dua jenis, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Dikatakan sebagai tumor jinak apabila tumor yang tumbuh tidak menyerang sel normal di sekitarnya dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sementara itu, tumor ganas merupakan kebalikannya, yang mana dapat menyerang jaringan di sekitarnya dan menyebar kebagian tubuh lainnya atau dalam istilah medis dikenal dengan metastasis.

Penyebab Tumor

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa tumor terbentuk akibat adanya ketidakseimbangan antara jumlah sel baru yang tumbuh dengan jumlah sel lama yang sudah mati namun masih bertahan hidup. 

Sementara itu, ketidakseimbangan pertumbuhan antara sel baru dan sel mati yang masih hidup tersebut dapat berbeda-beda, tergantung dengan jenis tumor yang dialami. Meski begitu, penyebabnya masih belum diketahui secara pasti.

Manfaat Buah Nanas untuk Tumor

Manfaat buah nanas disini cenderung lebih diperuntukan pada jenis tumor ganas atau kanker. Penyakit kanker dapat menyerang berbagai jaringan di dalam tubuh, mulai dari kulit, tulang, hingga otak. Oleh sebab itu, penyakit ini harus segera diatasi dengan perawatan yang tepat sebelum pada akhirnya menyebar dan menyebabkan kematian.

Salah satu cara untuk mengurangi risiko terjadinya kanker adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat membantu menjaga sel tubuh tetap sehat. Nah, dalam hal ini buah nanas dapat menjadi salah satu makanan yang dikonsumsi guna mencegah pertumbuhan sel kanker. Berikut ini manfaat buah nanas terhadap sel kanker :
  • Menghambat pertumbuhan sel kanker

Pada dasarnya, sel kanker tidak bekerja layaknya sel normal di dalam tubuh. Sel kanker dapat membelah diri secara tidak terkendali dan tidak mati, tidak berkembang menjadi dewasa, dan juga dapat menghindar dari sel kekebalan tubuh. Dengan begitu, sel akan terus tumbuh dan menyebar ke jaringan lain melalui darah atau sistem limfatik.

Dalam hal ini, buah nanas memiliki kandungan bromelain yang diyakini dapat menghambat proliferasi sel kanker. Proliferasi sendiri merupakan fase sel mengalami siklus pengulangan, sehingga dapat mencegah sel memperbanyak dirinya.
  • Melemahkan sel kanker

Manfaat lain dari kandungan bromelain yang ada pada buah nanas dapat menganggu kelangsungan hidup sel kanker dengan melemahkan MUC1. MUC1 sendiri adalah protein yang melindungi permukaan sel dari bibit penyakit (patogen) mencapai ke sel, sehingga dapat membantu mencegah sel kanker berkembang menjadi tumor dan bermetastasis.
  • Memicu sel kanker untuk mati

Studi menunjukan bahwa bromelain pada nanas dapat memicu sel untuk beraptosis atau mati sesuai dengan programnya. Hal ini berarti bahwa secara tidak langsung kandungan bromelain pada nanas dapat memberi manfaat dalam mencegah perkembangan sel kanker.


Disqus Comments