Tuesday, May 5, 2020

Khasiat Jahe Merah untuk Mengobati Miom


Jahe merah merupakan jenis rempah-rempah yang dikenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Lantas, adakah manfaat jahe merah untuk miom? Simak ulasan berikut.

Sebelum membahas mengenai manfaat jahe merah untuk miom, perlu Anda ketahui bahwa sebagian wanita pernah memiliki miom pada rahim mereka. Miom atau mioma uteri juga dikenal dengan istilah fibroid rahim, yakni kondisi di mana terjadinya pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar rahim.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab tumor yang tumbuh akibat miom bukanlah tumor yang bersifat ganas atau bisa disebut non-kanker, melainkan tumor yang tumbuh merupakan tumor jinak. Munculnya miom umumnya disebabkan karena sel otot pada rahim tumbuh secara abnormal.

Sementara itu,  mioma uteri dibagi menjadi empat jenis berdasarkan letaknya, di antaranya adalah mioma intramural, mioma submukosa, mioma subserosa, dan mioma pedunculated. Selain itu, miom juga dapat tumbuh dalam ukuran yang bermacam-macam.

Wanita yang mengalami mioma uteri cenderung tidak merasakan gejala apapun yang membuatnya tidak nyaman. Hal ini menyebabkan pengidap miom tidak menyadari bahwa Ia tengah mengalami kondisi tersebut. Sehingga, baru terdeteksi ketika sedang melakukan pemeriksaan medis, seperti pada pemeriksaan USG.

Sementara itu, gejala miom sendiri cenderung dipengaruhi oleh letak, ukuran, serta seberapa banyak benjolan miom yang tumbuh di rahim. Pasalnya, miom juga dapat tumbuh lebih dari satu buah di sekitar rahim.

Penyebab Miom

Sayangnya penyebab dari mioma uteri sendiri masih belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko munculnya miom. Salah satunya adalah adanya peningkatan kadar hormon estrogen, seperti yang terjadi pada siklus haid atau masa kehamilan.

Sementara itu, perlu Anda ketahui juga bahwa hal yang dapat meminimalisir risiko tumbuhnya miom pada rahim adalah riwayat melahirkan. Hal ini disebabkan karena, wanita yang memiliki riwayat persalinan cenderung memiliki risiko lebih rendah untuk menderita miom.

Gejala Miom

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa dalam kebanyakan kasus, miom tidak menimbulkan gejala yang mengganggu kenyamanan pengidapnya. Namun, dalam kasus yang tergolong parah, miom juga dapat menimbulkan gejala yang cukup serius pada pengidapnya, seperti pendarahan abnormal atau pendarahan yang banyak pada saat menstruasi dan berlangsung lebih dari seminggu. 

Gejala lain yang dapat dialami penderita adalah nyeri pada perut bagian bawah, susah buang air besar (sembelit), perut membengkak, dan sering buang air kecil (beser). Bahkan, miom dapat menyebabkan terjadinya gangguan kehamilan, keguguran, hingga kemandulan.

Manfaat Jahe Merah untuk Miom

Dalam kebanyakan kasus, mioma uteri yang tumbuh dengan ukuran kecil dan tidak menimbulkan gejala tidak memerlukan pengobatan khusus dan dapat menghilang dengan sendirinya. Sementara itu, mioma uteri yang tergolong parah memerlukan tindakan operasi untuk mengatasinya.

Selain operasi, miom juga dipercaya dapat diatasi dengan mengonsumsi jahe merah secara rutin. Mengapa bisa begitu? Hal ini disebabkan karena, dalam jahe merah terdapat kandungan senyawa yang dapat membantu mencegah dan menghancurkan sel tumor, sehingga sel-sel pada miom pun dapat luruh secara alami.

Jahe merah memang kerap dijadikan sebagai bahan pengobatan tradisional, karena memiliki sifat fitokimia yang dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak hanya itu, kandungan yang ada pada jahe merah juga dapat membantu mengatasi berbagai keluhan yang menyerang alat reproduksi wanita, termasuk mioma uteri.

Jahe merah juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan peradangan pada uterus, ovarium, dan juga tuba falopi. Cara memanfaatkan jahe merah untuk pengobatan miom sendiri bermacam-macam. Salah satunya, Anda dapat mengolah jahemerah menjadi wedang jahe.

Disqus Comments