Sunday, May 17, 2020

Kenali Jenis, Penyebab, dan Cara Mengatasi Benjolan di Payudara


Apa yang ada di pikiran ketika menemukan adanya benjolan yang tumbuh di payudara secara tiba-tiba? Pastinya Anda merasa panik dan sangat takut akan terjadinya suatu masalah kesehatan serius yang membahayakan nyawa. Lantas, Apa sebenarnya penyebab munculnya benjolan di payudara? Dan bagaimana cara menghilangkan benjolan di payudara? Simak ulasan di bawah ini.

Munculnya benjolan di payudara kerap dikaitkan dengan kemungkinan terjadinya penyakit serius, seperti kanker payudara. Padahal, tidak semua benjolan yang muncul di payudara berbahaya dan bersifat kanker. Dalam kebanyakan kasus, benjolan yang muncul di payudara sebenarnya merupakan tumor yang bersifat jinak (non-kanker). Maka dari itu, penting bagi Anda, sebagai wanita, untuk mengetahui perbedaan antara tumor payudara jinak dan tuor payudara ganas.

Tumor payudara jinak sendiri adalah benjolan yang terbentuk di payudara, tetapi  tidak terbentuk dari sel-sel ganas, dan tidak akan menyebar dan mempengaruhi bagian tubuh lainnya. Umumnya tumor jinak tidak membahayakan nyawa penderitanya.
Pada dasarnya, benjolan di payudara terbentuk akibat adanya jaringan abnormal yang tumbuh di dalam payudara. Tekstur dari benjolan tersebut pun beragam, tergantung pada jenisnya. Misalnya, ada benjolan yang terasa padat apabila disentuh, dan ada pula yang berisi cairan dan terasa kenyal ketika disentuh.
Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa meskipun sebagian besar benjolan yang tubuh di payudara merupakan tumor jinak, akan tetapi benjolan di payudara juga bisa menjadi suatu pertanda terjadinya kanker payudara.
Maka dari itu, jika Anda menemukan benjolan yang tumbuh di payudara Anda, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter agar penyebabnya diketahui dengan jelas dan dapat segera diatasi dengan penanganan yang tepat.

Macam-Macam Benjolan di Payudara

Berikut ini ciri-ciri atau gejala tumor payudara jinak yang perlu Anda ketahui :
Benjolan di payudara umumnya terdeteksi ketika pengidap melakukan pemeriksaan sendiri terhadap payudarabta. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab belum tentu benjolan yang muncul merupakan kanker payudara. 
Berikut ini adalah beberapa jenis benjolan yang mungkin muncul di payudara. Di antaranya adalah :
  • Fibrosis

Fibrosis merupakan kondisi di mana tumbuhnya jaringan di payudara yang hampir mirip dengan jaringan luka. Apabila diraba, fibrosis di payudara akan terasa kenyal, padat, dan keras. Namun, kondisi ini umumnya tidak menyebabkan kanker ataupun berpotensi menjadi kanker.
Dalam dunia medis, fibrosis didefinisikan sebagai benjolan atau tumor yang terjadi akibat tumbuhnya jaringan ikat secara berlebihan.
Sementara itu, penelitian mengenai peningkatan risiko kanker payudara pada penderita fibrosis memberikan kesimpilan yang beragam. Ada yang mengatakan bahwa fibrosis dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami kanker payudara, ada pun yang mengatakan sebaliknya.

  • Kelainan Fibrokistik


Dalam kebanyakan kasus, benjolan yang muncul di payudara merupakan fibrosis atau kista. Kista payudara atau fibrosis adalah kondisi di mana terjadinya perubahan abnormal pada jaringan payudara dan tidak bersifat ganas.
Perubahan tersebut umumnya disebut dengan kelainan fibrokistik dan umumnya terdeteksi karena munculnya benjolan di payudara, disertai dengan munculnya rasa sakit atau bengkak pada payudara. Kondisi ini umumnya semakin memburuk seiring dengan dimulainya periode menstruasi.
Benjolan yang muncul di payudara pun bisa lebih dari satu dan terkadang akan keluar sedikit cairan berwarna keruh dari puting. Kondisi inilebih banyak ditemukan pada wanita di usia produktif dan dapat terjadi di salah satu maupun kedua payudara.
Disebut fibrokistik disebabkan karena belum diketahui apakah benjolan yang muncul merupakan kista atau fibrosisi. Setelah melakukan pemeriksaan, baru dokter dapat menetukan penyebab munculnya benjolan di payudara Anda.
  • Kista

Kista yang muncul di payudara merupakan benjolan yang berisi cairan. Kondisi iniumumnya baru terdeteksi ketika ukurannya sudah membesar (kista makro). Kista makro sendiri bisa berukuran 2,5 sampai 5 cm.
Awalnya, Anda sudah dapat merasakan jika adanya benjolan di payudara. Kista di payudara cenderung akan membesar dan menjadi lunak ketika mendekati masa menstruasi.
Seain itu, benjolan akibat kista payudara umumya berbentuk bulat atau lonjong dan mudah untuk digerakkan, sehingga dapat berpindah-pindah ketika disentuh. Namun, benjolan kista dan benjolan solid di payudara lainnya cenderung sulit untuk dibedakan.

  • Limpoma


Benjolan di payudara juga bisa disebabkan oleh lipoma. Lipoma sendiri merupakan benjolan lemak yang tumbuh lambat dan umumnya terletak di antara kulit serta lapisan otot. Namun Anda tidak peru khawatir, sebab lipoma bukanlah kanker dan tidak berbahaya.

  • Fibroadenoma


Fibroadenoma merupakan benjolan jinak yang ada di payudara. Kondisi ini merupakan jenis benjolan payudara yang paling sering dialami wanita. Ciri-ciri dari benjolan ini adalah dapat digerakkan atau berpindah tempat.
Selain itu, benjolan di payudara akibat fibroadenoma akan terasa padat atau solid saat diraba, berbentuk bulat atau lonjong, dan terasa kenyal. Umumnya, benjolan ini tidak akan terasa sakit saat ditekan.
Sama seperti fibrosisi dan kista, benjolan di payudara akibat fibroadenoma umumnya tidak akan berkembang menjadi kanker. Selain iru, benjolan fibroadenoma juga tumbuh dengan lambat. Meski begitu, bukan tak mungkin jika ukurannya akan menjadi sangat besar.
  • Kanker Payudara

Benjolan yang muncul akibat kanker payudara memang menjadi yang paling dikhawatirkan. Umumnya, benjolan yang muncul akibat kanker payudara terasa keras ketika diraba dan disertai dengan rasa sakit. 
Oleh sebab itu, penting bagi Anda utuk mengenali ciri-ciri tumor payudara jinak dan ganas, agar dapat melakukan tindakan yang tepat.

Ciri-Ciri Tumor Payudara Jinak dan Ganas

Berikut ini adalah perbedaan antara tumor payudara jinak dan ganas yang perlu Anda ketahui :
  • Memiliki batasan yang jelas

Ciri-ciri pertama yang menunjukan bahwa benjolan yang ada di payudara adalah tumor jiinak adalah memiliki batas yang jelas dengan jaringan lain di sekitarnya. Sedangkan, benjolan yang ada di payudara akibat tumor ganas tidak memiliki batasan yang jelas dengan jaringan di sekitarnya.
  • Mudah digerakkan

Benjolan pada tumor payudara jinak biasanay dapat digerakan dengan mudah atau dapat berpindah-pindah. Namun, apabila tumor bersifat ganas atau kanker, maka benjolan tersebut cenderung tidak dapat digerakkan sama sekali, layaknya menyatu dengan jaringan di sekitarnya.
  • Teksturnya kenyal dan lunak

Benjolan tumor payudara jinak juga memiliki tekstur yang kenyal dan lunak ketika disentuh. Berbeda dengan tumor payudara ganas atau kanker payudara akan terasa keras dan padat ketika disentuh.

Cara Menghilangkan Benjolan di Payudara

Untuk menghilangkan benjolan yang muncul di payudara, sebenarnya tergantung dengan penyebab terbentuknya benjolan tersebut. Dalam kebanyakan kasus, benjolan di payudara yang bersifat jinak cenderung tidak berbahaya dan tidak perlu ditangani secara khusus. 
Bahkan dalam beberapa kasus, benjolan di payudara yang bersifat jinak bisa hilang dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Sementara itu, pengobatan medis diperlukan ketika benjolan semakin besar atau menimbulkan gejala yang membuat Anda tidak nyaman, seperti rasa nyeri yang hebat.

Obat Herbal untuk Mencegah Kanker Payudara

Salah satu cara untuk mencegah terbentuknya tumor payudara adalah dengan mengonsumsi obat herbal. Hadirnya obat tumor payudara LING SHEN YAO menjadi jawaban bagi kaum wanita yang mengalami penyakit ini.

Obat herbal tumor payudara LING SHEN YAO menawarkan pengobatan tuntas dan menyembuhkan sampai pada akar-akarnya dengan cara mengobati kanker payudara stadium awal, yaitu dengan cara menekan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel abnormal pada payudara.
Obat herbal tumor payudara LING SHEN YAO telah teruji secara klinis di laboratorium perguruan tinggi negeri yang terakreditasi, dan juga sudah terdaftar di BPOM dan mendapat label halal dari MUI.
Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi marketplacenya disini.
Disqus Comments