Sunday, April 19, 2020

Penyebab, Gejala, dan Penanganan Kista Ganglion


Terapi kista ganglion. Apa itu kista Ganglion? Kista ganglion adalah jenis kista berupa benjolan lunak atau tumor jinak yang tumbuh pada bagian sendi. Selai itu, benjolan ini juga dapat tumbuh di bagian jaringan yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang atau yang disebut dengan tendon. Benjolan pada kista ganglion berisi cairan sendi dan paling sering tumbuh di lengan atau pergelangan tangan.

Perlu Anda ketahui bahwa kista ganglion dapat muncul, menghilang, atau bahkan berubah ukuran dengan cepat. Ukuran kista biasanya akan membesar seiring dengan meningkatnya aktivitas pada sendi yang mengalami kista.

Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa kista ganglion dapat terjadi pada segala usia, baik pada pria maupun wanita. Meskipun begitu, penyakit ini rentan dialami oleh wanita berusia 20 sampai 40 tahun. Kista ganglion ini bisa saja tidak menimbulkan tanda-tanda atau gejala, tetapi bisa juga terasa nyeri, terutama jika posisinya mengganggu pergerakan sendi.

Apa penyebab kista ganglion?

Penyebab kista ganglion sendiri adalah saat cairan di sendi menumpuk dan membentuk sebuah kantong pada sendi atau tendon.

Meski begitu, penyebab terbentuknya kista ganglion sendiri masih belum diketahui secara jelas. Akan tetapi, ada beberapa kondisi yang diduga dapat meningkatkan risikio seseorang mengalami kista ganglion, seperti cedera pada persendian dan osteoarthritis.

Bagaimana gejala kista ganglion?

Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat terjadi pada pengidap kista ganglion :
  • Muncul benjolan berbentuk oval, yang ukurannya bisa sebesar buah duku.
  • Benjolan ganglion umumnya muncul di bagian sendi tangan dan pergelangan tangan, namun bisa juga muncul di daerah lain, seperti kaki atau pergelangan kaki.
  • Ukuran benjolan kista ganglion dapat berubah-ubah, terutama saat sendi digerakan secara berulang, maka akan semakin membesar. Namun akan mengecil saat sendi diistirahatkan.
  • Biasanya, benjolan kista ganglion tidak menimbulkan rasa nyeri. Akan tetapi, jika kista menekan saraf, maka dapat menimbulkan rasa nyeri, kaku, kesemutan, hingga otot menjadi lemah. Rasa nyeri juga akan semakin parah ketika sendi tersebut digerakkan.


Bagaimana penanganan kista ganglion?

Kista ganglion yang tidak menimbulkan gejala apapun yang mengganggu, sebenarnya tidak memerlukan penanganan khusus dan akan menghilang dengan sendirinya. Namun, jika benjolan terasa sakit sehingga mengganggu aktivitas, maka dokter akan melakukan cara-cara di bawah ini :
  • Menahan Gerakan Sendi (Immobilization), di mana doter akan menahan gerakan sendi Anda dengan cara menahan atau membatasi pergerakan sendi yang bermasalah.
  • Penyedotan Cairan (Aspirasi), yaitu metode yang dilakukan dengan cara menusuk jarum pada benjolan untuk mengeluarkan cairan yang terdapat di dalam kista.
  • Jika kedua cara di atas masih belum ampuh mengatasi kista ganglion, maka dokter aka menganjurkan prosedur operasi.

Disqus Comments