Wednesday, April 15, 2020

Mengobati Keputihan secara Mudah dan Alami


Tanaman Herbal untuk Keputihan. Keputihan merupakan salah satu masalah kewanitaan yang kerap membuat para wanita terganggu dan merasa tidak nyaman. Meski keputihan merupakan hal normal yang dapat terjadi pada setiap wanita, namun ada kalanya keputihan yang keluar dari vagina berbau tidak sedap, berwarna kuning atau kehijauan, dan menyebabkan vagina gatal. Kondisi tersebut menunjukan bahwa keputihan yang dialami merupakan keputihan abnormal. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa obat keputihan alami yang ampuh untuk mengatasi keputihan dan sangat mudah di dapat.

Sebelum itu, perlu Anda ketahui bahwa keputihan merupakan proses alami pada vagina guna melindungi dan membersihkan diri dari kuman dan bakteri penyebab infeksi. Selain itu, keputihan normal juga dapat terjadi akibat adanya perubahan hormon menjelang menstruasi dan ovulasi. Keputihan seperti ini umumnya tidak mengganggu dan dapat berhenti dengan sendirinya.

Seperti apa keputihan yang perlu diobati?

Keputihan juga bisa jadi merupakan pertanda adanya masalah kesehatan pada organ intim wanita, seperti infeksi atau iritasi. Berikut ini adalah ciri-ciri keputihan yang tidak normal :

  • Memiliki warna kekuning-kuningan, kehijauan, keabuan, atau bahkan disertai dengan keluarnya darah.
  • Menimbulkan aroma tidak sedap.
  • Keluar dengan jumlah yang lebih banyak dari bisanya.
  • Vagina gatal atau perih
  • Nyeri panggul dan nyeri saat buang air kecil atau berhubungan seksual.
Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas, sebaiknya segera lakukan pengobatan terhadap keputihan yang Anda alami.

Pengobatan Keputihan

Berikut ini beberapa cara mengobati keputihan secara alami :
  • Mengonsumsi Jahe
Jahe memiliki sifat antiradang, antibakteri, dan juga antijamur. Maka dari itu, jahe dapat Anda manfaatkan sebagai obat tradisional untuk keputihan akibat infeksi.
  • Bawang Putih
Bawang putih dikenal sejak lama dapat membantu mengatasi keputihan akibat infeksi. Hal ini disebabkan karena bawang putih memiliki kandungan antijamur dan antibakteri.
  • Mengonsumsi Yogurt
Selain jahe, yogurt juga bisa menjadi obat keputihan. Hal ini disebabkan karena, yogurt memiliki kandungan probiotik atau bakteri Lactobacillus acidophilus, di mana bakteri tersebut dapat membunuh jamur penyebab keputihan. Bakteri tersebut juga dapat memberantas kuman penyebab infeksi pada vagina.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa tidak semua jenis yogurt dapat digunakan sebagai obat keputihan. Jenis yogurt yang dapat mengobati keputihan adalah yogurt tawar (plain yogurt) yang tidak dicampur gula atau perasa tambahan.
  • Mengonsumsi Madu
Madu juga dapat membantu mengobati keputihan abnormal yang Anda alami. Pasalnya, madu memiliki kandungan antiradang, antijamur, dan antibakteri. Konsumsilah madu alami secara rutin hingga keputihan yang Anda alami mereda.


Disqus Comments