Wednesday, April 8, 2020

Begini Cara Mencegah Kista Ovarium


Pencegah Kista Ovarium. Bagi wanita, mungkin istilah kista ovarium sudah tidak asing lagi. Penyakit yang menyerang wanita ini merupakan jenis kista yang tumbuh d bagian indung telur atau ovarium. Kista sendiri adalah kantong yang di dalamnya berisi cairan dan memiliki ukuran yang beragam, bahkan bisa berkembang sangat besar. 

Seperti yang Anda ketahui, setiap wanita memiliki dua buah ovarium, yakni di sisi kanan dan sisi kiri rahim. Jenis kista ini biasanya muncul selama masa subur atau selama wanita berada dalam masa menstruasi.

Ovarium sendiri berfungsi untuk menghasilkan sel telur setiap bulannya, mulai dari masa pubertas hingga menopause. Tak hanya itu, ovarium juga berfungsi sebagai organ yang menghasilkan hormon estrogen dan progesteron. Meskipun begitu, fungsi ovarium terkadang dapat mengalami masalah, salah satu penyebabnya adalah akibat kista.

Pada dasarnya, kista ovarium dimiliki oleh setiap perempuan. Namun, jika ukurannya masih kecil, maka tidak akan menimbulkan gejala apapun dan dapat menghilang dengan sendirinya seiring dengan datangnya menstruasi. Oleh sebab itu, kondisi ini jarang disadari pengidapnta, dan seringkali baru diketahui ketika ukurannya semakin besar. 

Meski kista bukan penyakit ganas layaknya kanker, akan tetapi kondisi ini dapat menjadi faktor penyebab gangguan kesuburan atau kehamilan. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara mencegah kista ovarium, yaitu :

Menerapkan Pola Makan Sehat

Menerapkan pola makan sehat merupakan kunci utama untuk hidup sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, termasuk kista ovarium.  Untuk menerapkan pola makan sehat, Ada beberapa aturan yang harus Anda patuhi, yaitu :
  • Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi, sebab makanan tersebut dapat meningkatkan kolesterol dalam tubuh, sehingga dapat memicu tumbuhnya kista atau memperparah keadaannya.
  • Konsumsi protein sehat untuk memenuhi kebutuhan tubuh, seperti protein yang bersumber dari hewan dan tumbuhan.
  • Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • HIndari konsumsi makanan yang mengandung hormon, seperti kedelai.

Hindari Alkohol dan Rokok

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok sangat tidak baik bagi tubuh, terutama bagi wanita. Pasalnya, kandungan yang ada pada alkohol dan rokok dapat mengganggu metabolisme tubuh, serta merusak kesehatan organ reproduksi.

Kelola Stres

Stres berlebihan juga dapat memicu terjadinya kista ovarium. Pasalnya, stres akan berpengaruh terhadap keseimbangan hormon di dalam tubuh, termasuk hormon-hormon yang diproduksi oleh ovarium. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk dapat mengelola stres dengan baik agar terhindari dari serangan penyakit, termasuk kista ovarium.

Istirahat Cukup

Tubuh manusia pada dasarnya memerlukan istirahat atau tidur yang cukup guna mengembalikan energi yang telah habis digunakan aktivitas seharian. Sementara itu, kurang tidur dapat memicu gangguan metabolisme serta keseimbangan hormon yang diproduksi ovarium.

Disqus Comments