Sunday, April 12, 2020

5 Jenis Makanan Pemicu Kanker yang Harus Dihindari


Makanan Penyebab Kanker. Apa yang terlintas dibenak Anda ketika mendengar kata kanker? Tentunya semua itu merupakan hal-hal yang buruk dan menakutkan. Lantas, bagaimana kanker bisa terjadi? Kanker sendiri adalah penyakit yang disebabkan akibat adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat menyebabkan sel normal yang berada di sekitarnya maupun di bagian tubuh lain mengalami kerusakan.

Perlu Anda ketahui, bahwa kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di seluruh dunia. Hal ini umumnya disebabkan karena, pada dasarnya kanker tidak menimbulkan gejala pada awal masa perkembangannya, sehingga baru terdeteksi dan ditangani ketika telah mencapai stadium lanjut.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memeriksa kondisi kesehatan Anda secara rutin, stidaknya 6 bulan sekali. Hal ini dilakukan agar apabila ada penyakit yang menyerang tubuh dapat segera diobati. Selain itu, terapkan pula pola hidup sehat guna mencegah kanker, seperti konsumsi makanan sehat, olahraga teratur, menghilangkan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, dan juga hindari konsumsi makanan pemicu kanker. Apa saja itu? Berikut ini beberapa jenis makanan yang dapat memicu terjadinya kanker.

Daging Olahan

Daging olahan seperti sosis ternyata merupakan salah satu jenis makanan yang dapat memicu kanker. Hal ini disebabkan karena seyawa karsinogen yang terdapat di dalamnya. 

Daging Merah

Terlalu sering mengonsumsi daging merah, seperti sapi, domba, dan babi diketahui dapat memicu terjadinya kanker. Meski begitu, alasan pastinya masih belum dipahami dengan baik. 

Makanan yang Terlalu Matang

Perlu Anda ketahui, bahwa ternyata mengonsumsi makanan yanng dimasak pada suhu terlalu tinggi juga dapat memicu terjadinya kanker. Hal ini disebabkan karena, makanan tersebut dapat menghasilkan senyawa berbahaya yang dapat berkontribusi pada peradangan yang berkembang dalam perkembangan kanker.

Makanan yang berpotensi menghasilkan senyawa berbahaya ketika dimasak dalam suhu yang terlalu tinggu antara lain adalah daging merah, telur goreng, margarin, mentega, krim keju, mayones, keju, dan kacang-kacangan.

Makanan Kalengan

Makanan kalengan seringkali dikaitkan dengan kanker payudara, ovarium, dan prostat. Bahkan, kebiasaan mengonsumsi makanan kalengan dapat meningkatkan risiko seseorang terkena kanker.

Gula dan Karbohidrat Olahan

Makanan dengan kandungan gula serta karbohidrat olahan yang tinggi juga diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya kaker. Hal ini disebabkan karena, pola makan yang menyebabkan kadar gula dalam darah melonjak dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker, terutama kanker perut, usus besar, dan payudara.


Disqus Comments