Sunday, April 26, 2020

Inilah Manfaat Jahe dan Kayu Manis untuk Kista


Jahe dan kayu manis merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati kista secara alami. Lantas, apa saja manfaat jahe dan kayu manis untuk kista? Simak ulasan di bawah ini.
Sebelum membahas mengenai manfaat tanaman herbal jahe dan kayu manis  untuk kista, ada baiknya jika Anda mengenal seperti apa itu kista.
Kista adalah salah satu jenis penyakit yang ditandai dengan munculnya benjolan berbentuk kapsul atau sebuah kantung yang berisi cairan, gas, ataupun jaringan lain yang dapat muncul pada jaringan tubuh manapun.
Gejala kista yang paling utama adalah munculnya benjolan di salah satu bagian tubuh dan posisinya tergantung pada jenis kista yang dialami. Kista umumnya tumbuh di bagian wajah, leher, kulit kepala, punggung, telapak tangan, dan juga telapak kaki. Selain itu, kista juga dapat tumbuh dengan ukuran yang beragam mulai dari kecil hingga sangat besar.
Selain muncul benjolan, kista juga dapat menimbulkan gejala lain. Di antaranya adalah keluar darah atau nanah yang beraroma tidak sedap dari benjolan, kemerahan di area kulit yang ditumbuhi kista, infeksi yang memicu rasa nyeri, demam, pusing, hingga mual dan muntah.
Perlu Anda ketahui bahwa kista dapat terjadi pada siapa saja dan penyebab terjadinya kista tergantung pada jenis kista yang dialami. Namun, umumnya kista dapat terbentuk akibat adanya infeksi, radang yang terjadi dalam jangka panjang, penyumbatan, hingga faktor genetik atau penyakit keturunan.
Umumnya, kista dapat hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan guna memperecepat proses penyembuhan kista. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan tanaman herbal seperti jahe dan kayu manis. Lantas, bagaimana tanaman herbal jahe dan kayu manis dapat mengobati kista.

Manfaat Jahe untuk Mengobati Kista

Jahe merupakan tanaman herbal yang paling ampuh dalam menghambat pertumbuhan kista. Hal ini disebabkan karena jahe mampu menciptakan suasana di dalam tubuh yang membuat kista (khususnya kista ovarium) kesulitan untuk tumbuh dan bertahan hidup. Jahe juga dapat membantu menormalkan kembali siklus menstruasi. Anda dapat menginsumsi jahe yang telah diolah menjadi teh jahe sebanyak dua kali sehari secara rutin agar hasilnya maksimal.
Selain jahe putih, Anda juga dapat menggunakan jahe merah sebagai obat kista alami. Jahe merah cenderung memiliki rasa yang lebih pedas dari jahe putih. Namun, khasiatnya dalam memberantas kista dan miom juga tak kalah baik. Jahe merah juga dapat Anda konsumsi guna mencegah terjadinya kanker serviks. Jika Anda ingin mencobanya, Anda juga dapat engolah jahe merah menjadi teh atau dengan mengonsumsi air rebusan jahe merah secara rutin.

Manfaat Kayu Manis untuk Kista

Selain jahe, rempah dapur lainnya yang juga dipercaya mampu mengobati kista adalah kayu manis. Kayu manis seringkali dimanfaatkan untuk membantu proses penyembuhan kista endometriosis. Selain itu, kandungan yang ada di dalam kayu manis juga dapat mengurangi sistem kekebalan insulin, sehingga dapat memperbaiki kesuburan pada wanita.
Cara memanfaatkan herbal kayu manis untuk kista pun cukup mudah, yakni Anda hanya perlu merebus bubuk kayu manis sampai mendidih. Setelah itu, saring dan konsumsi selagi hangat. Anda juga dapat menambahkan madu agar rasanya lebih nikmat.
Itulah manfaat jahe dan kayu manis untuk kista yang dapat kami sampaikan, semoga apa yang kami sampaikan di atas bermanfaat bagi Anda semua.
Disqus Comments