Monday, April 6, 2020

Daun-Daunan sebagai Obat Herbal Kanker


Daun Sidaguri Tumor. Tumor adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan akibat adanya sel yang memperbanyak diri secara berlebihan dan tidak terkendali di bagian tubuh tertentu. Selain itu, tumor juga dapat terjadi pada saat sel lama yang seharusnya sudah mati dan tidak aktif lagi justru masih terus bertahan hidup di samping pembentukan sel baru juga terus terjadi.

Tumor juga dapat tumbuh di bagian tubuh mana pun, di antaranya adalah tulang, kulit, mulut, organ dalam, dan rahang. Tumor sendiri terbagi menjadi dua tipe, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak adalah jenis tumor yang tidak menyerang sel-sel normal di sekitarnya dan tidak berpotensi menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sementara itu, tumor ganas atau yang disebut sebagai kanker adalah jenis tumor yang dapat menyebar ke jaringan dan bagian tubuh lain di sekitarnya.

Perlu Anda ketahui adalah, tumor jinak tidak berbahaya dan pertumbuhannya pun cenderung lebih lambat. Namun, hal tersebut tidak selalu terjadi. Mengapa begitu? Hal ini disebabkan karena, tumor jinak juga bisa tumbuh hingga ukurannya sangat besar ataupun tumbuh di dekat pembuluh datah, otak, sarat, atau organ yang menekan struktur alat vital tersebut. Sehingga pada akhirnya tumor jinak dapat berubah menjadi lebih parah dan serius dan memerlukan perawatan khusus.

Sementara itu, tumor ganas merupakan jenis tumor berbahaya yang dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Pengobatannya pun cenderung lebih rumit dibandingkan dengan tumor jinak. Tumor ganas juga dikenal dengan istilah kanker.

Meski terdengar menyeramkan, nyatanya banyak tanaman herbal yang dipercaya dapat membantu pengobatan kanker. Berikut ini adalah jenis tanaman herbal yang dapat membantu mencegah dan mengobati tumor :

  • Daun Sidaguri

Daun sidaguri merupakan tanaman liar dan biasanya tumbuh di hutan yang tidak terlalu lebat. Meski merupakan tanaman liar, namun tanaman ini memiliki berbagai jenis manfaat untuk kesehatan, salah satunya utuk mengatasi tumor atau kanker. Daun sidaguri memiliki kandungan hepaprotektif yang juga dapat meindungi organ hati dari kerusakan.

  • Daun Sirsak


Banyak riset yang menunjukan bahwa daun sirsak merupakan salah satu tanaman yang dapat membantu mengobati kanker. Kandungan zat acetogenins  yang ada di dalam daun sirsak dapat membantu menghambat perkembangan berbagai jenis sel kanker di dalam tubuh.

Selain itu, ekstrak daun sirsak juga dapat membantu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker. Tak hanya itu, daun sirsak juga diketahui memiliki zat antiradang sekaligus antibakteri yang dapat membantu mengatasi efek samping dari kemoterapi dan pengobatan kanker lainnya.

  • Daun Dewa


Daun dewa dikenal dengan berbagai manfaatnya dalam mengobati penyakit, salah satunya kanker. Tanaman ini memiliki kandungan saponin tang dikenal dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel kanker. Oleh sebab itu, daun dewa dapat dijadikan sebagai obat-obatan herbal untuk membantu pengobatan tumor dan kanker.

Disqus Comments