Monday, April 13, 2020

Ini Dia Ciri-Ciri Kista yang Berubah Jadi Kanker


Ciri Kista Menjadi Kanker. Apa itu kista? kista merupakan benjolan yang berisi cairan, udara, atau jaringan lainnya yang semi-padat maupun padat. Umumnya, benjolan yang muncul akibat kista merupakan benjolan jinak (non-kanker). Namun dalam beberapa kasus, kista dapat berubahmenjadi benjolan ganas yang pada akhirnya menjadi kanker. Bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Simak ulasan di bawah ini.

Pada dasarnya, kista tidak menyebabkan masalah kesehatan serius jika kondisinya cepat diketahui dan segera mendapatkan penanganan yang tepat. Namun, apabila keberadaan kista tidak disadari atau tidak terdeteksi dengan cepat, maka dapat berpotensi menjadi tumor ganas. Tumor sendiri merupakan istilah medis yang digunakan untuk menggambarkan suatu benjolan yang muncul di tubuh. Jika benjolan tersebut tidak menyebar ke bagian tubuh di sekitarnya atau bagian tubuh lain (jinak), makadisebut dengan tumor jinak. Namun, jika benjolan tersebut menyebar ke jaringan tubuh lainnya, maka benjolan tersebut disebut tumor ganas.

Bagaimana ciri-ciri kista yang berubah menjadi kanker?

Kista termasuk dalam jenis tuor jinak yang terbungkus selaput jaringan. Kista dapat berisi cairan kental, dan bisa juga berisi udara dan nanah. Kista juga dapat tumbuh di bagian tubuh manapu, seperti kulit, tulang, dan juga otot. Kista juga dapat tumbuh di organ dalam tubuh, seperti ginjal, otak, dan ovarium. Umumnya, kehadiran kista tidak berbahaya, sebab dapat menghilang dengan sendirinya tanpa adanya perawatan khusus.

Meski umumnya bersifat jinak, namun ada baiknya jika Anda tetap waspada, sebab kista juga bisa berubah menjadi tumor ganas juka ukurannya sangat besar dan pecah. Misalnya yang terjadi pada kista ovarium, kista ini bisa saja pecah dan mengeluarkan darah yang pada akhirnya akan menutupi suplai darah menuju ke ovarium. Pada tahap ini gejala yang muncul yaitu :

  • Terjadinya gangguan atau perubahan siklus menstruasi pada wanita.
  • Perut terus terasa kembung.
  • Menjadi lebih sering buang air kecil (beser).
  • Nyeri panggul.
  • Nyeri saat berhubungan seksual.
  • Nyeri saat buang air besar.
  • Menjadi mudah kenyang walau hanya makan sedikit.

Jika Anda mengalami atau menemukan orang disekitar Anda mengalami gejala di atas, disertai dengan adanya demam, penurunan berat badan, serta sesak napas, maka sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter, sebab kondisi ini dapat mengancam keselamatan Anda. Selain itu, wanita menopause memiliki risiko yanng lebih tinggi untuk mengalami kista yang bersifat ganas tersebut.

https://lingshenyao.id/obat-kista-ovarium/
Disqus Comments