Thursday, April 23, 2020

Cara Mengatasi Benjolan di Kelopak Mata Anak


Munculnya benjolan di kelopak mata memang cukup mengganggu dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Namun, perlu Anda ketahui bahwa benjolan di kelopakmata juga dapat terjadi pada anak-anak. Lantas, bagainmana cara mengatasi benjolan di kelopak mata anak?

Kebanyakan orang mengenal benjolan di kelopak mata dengan istilah bintitan. Bintitan sendiri adalah benjolan di kelopak mata yang terasa nyeri dan membuat penglihatan menjadi sedikit terganggu. Dalam istilah medis, bintitan dikenal dengan istilah “herdeolum”, yaitu sebuah benjolan di kelopak mata tang berbentuk seperti jerawat dan juga menimbulkan rasa nyeri yang cukup mengganggu. Namun, bukan berarti semua benjolan yang tumbuh di kelopak mata merupakan bintitan.

Ada pun jenis lain dari benjolan di kelopak mata yang serupa dengan bintitan dan juga dapat terjadi pada anak-anak, yaitu disebut dengan kalazion. Kalazion merupakan jenis kista atau benjolan yang muncul di kelopak mata akibat kelenjar minyak tersumbat. Lain halnya dengan bintitan, benjolan akibat kalazion cenderung terasa kenyal ketika disentuh dan tidak terasa nyeri.

Kalazion umumnya muncul di kelopak mata bagian atas maupun bawah, namun lebih sering muncul di bagian mata atas. Meski umumnya tidak menyebabkan rasa nyeri, akan tetapi kalazion dapat menyebabkan mata menjadi berair dan sedikit teriritasi. Sementara itu, kalazion yang tumbuh dengan ukuran sangat besar dapat menekan bola mata dan menyebabkan penglihatan kabur.

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab kalazion biasanya tidak berbahaya dan tidak memengaruhi bola mata atau penglihatan. Kalazion juga jarang menyebabkan terjadinya infeksi yang parah pada wajah atau selulitis. Namun, kalazion bisa saja kembali dari waktu ke waktu terutama pada orang yang mengalami iritasi kelopak mata.

Kalazion biasanya tidak membutuhkan perawatan medis yang rumit dan cenderung akan sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu. Ketika anak mengalami kalazion, berikut ini cara yang dapat Anda lakukan sebagai orang tua untuk mengobati kondisi tersebut :

  • Bersihkan dan Kompres Mata

Perlu Anda ketahui, bahwa penyebab utama munculnya benjolan di kelopak mata adalah akibat adanya kotoran atau benda asing yang menempel di kelopak mata. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membersikan daerah sekitar kelopak mata anak dan mengompresnya dengan air hangat.

Caranya adalah dengan menggunakan kapas atau kain bersih yang dibasahi dengan air hangat, kemudian berikan pijatan-pijatan lembut sambil membersihkan area tersebut dengan kapas atau kain tersebut. Setalah itu, Anda juga dapat mengompres mata anak dengan kain yang telah dibasahi air hangat tersebut. Lakukan cara ini minimal 3 kali sehari, dan pastikan jika Anda sudah mencuci sebelum membersihkan mata.

  • Memberikan Salep Antibiotik


Setalah membersihkan mata anak, Anda juga dapat memberikan obat atau salep antibiotik pada benjolan yang disebabkan oleh infksi bakteri. Namun, sebaiknya salep yang akan Anda gunakan sesuai dengan anjuran dokter. Selep antibiotik ini berguna untuk membunuh bakteri penyebab munculnya benjolan di mata, serta membantu meringankan gejala yang timbul di area tersebut, misalnya nyeri pada mata.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan sedikit salep pada bagian dalam kelopak mata yang terinfeksi.

  • Jangan Pencet Benjolan


Sebagai orang tua, penting bagi Anda untuk memantau dan mencegah anak agar tidak memencet benjolan di kelopak mata, apalagi jika bertujuan untuk mengeluarkan cairan di dalamnya. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat benjolan di kelopak mata semakin parah. Bahkan juga dapat memperparah infeksi, sehingga menyebarkan kuman dan bakteri ke bagian mata yang sebelumnya baik-baik saja. Selain itu, memencet benjolan di kelopak mata juga dapat menyebabkan bekas luka yang bersifat permanen.


Disqus Comments