Wednesday, April 1, 2020

Manfaat Bawang Putih dalam Mengobati Berbagai Penyakit


Bawang Putih untuk Tumor Jinak. Selain digunakan sebagai bumbu rempah-rempah pada masakan untuk menambah cita rasa pada makanan, bawang putih juga kerap digunakan sebagai obat tradisional guna mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah tumor. Yap! Tumor sendiri memang merupakan penyakit yang paling ditakuti oleh banyak orang.

Pada dasarnya, tumor dibagi menjadi dua jenis, yakni tumor jinak dan tumor ganas. Tumor jinak bukanlah penyakit berbahaya seperti tumor ganas (kanker). Namun, bawang putih memiliki manfaat yang baik unuk kedua jenis tumor tersebut.

Bawang putih sendiri memiliki kandungan senyawa sulfur bioaktif, di mana menurut National Cancer Institute Amerika Serikat, kandungan sulfur bioaktif yang terdapat pada bawang putih tersebut dapat mencegah pertumbuhan sel-sel abnormal di dalam tubuh. Hal ini disebabkan karena, senyawa bioaktif tersebut dapat melindungi tubuh dari zat karsinogen, membunuh atau memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, dan juga menghambat penyebaran sel abnormal di dalam tubuh.

Meski begitu, perlu Anda ketahui bahwa pengolahan bawang putih dengan cara memasaknya dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan nutrisi dan kandungan penting yang terdapat pada bawang putih. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi bawang putih mentah-mentah, agar tetap memperoleh nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh dalam mencegah dan mengatasi berbagai jenis tumor atau kanker. Bahkan, saat ini berbagai penelitian ilmiah di seluruh penjuru dunia telah membuktikan khasiat bawang putih mentah dalam membunuh atau menghambat pertumbuhan berbagai jenis sel kanker, seperti sel kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker pankreas.

Selain bermanfaat dalam mengatasi tumor, bawang putih juga berkhasiat dalam mengobati peyakit lain. Di antaranya adalah :

  • Mencegah Penyakit Jantung


Penyakit jantung juga tidak kalah berbahaya dari penyakit kanker, apabila tidak dicegah dan dibati dapat menyebabkan kemtian. Namun, berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Nutrion, diungkapkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu mengurangi penumpukan plak di pembuluh darah yang berfungsi memompa darah ke jantung (arteri koroner). Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki masalah pada jantung dan sistem metabolisme.

  • Mencegah Tekanan Darah Tinggi


Bawang putih juga memiliki kandungan polisufida yang dikenal ampuh dalam mengendalikan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini disebabkan karena, polisufida dapat membantu melebarkan sekaligus membuka pembuluh darah agar tidak mendapat tekanan yang terlalu besar, sehingga dapat mengatasi tekanan darah tinggi.

  • Membantu Menurunkan Kolesterol


Dalam sebuah penelitian, disebutkan bahwa mengonsumsi bawang putih mentah (setidaknya 10 gram) sehari selama dua bulan, dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik, sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat dalam jumlah yang signifikan.

Disqus Comments