Tuesday, April 21, 2020

Akibat Minum Kopi saat Haid


Apa Akibat Minum Kopi saat Haid? Menstruasi (haid) adalah proses keluarnya darah dari vagina yang umum terjadi akibat siklus bulanan alami pada tubuh wanita. Siklus ini adalah suatu proses di mana organ reproduksi wanita bersiap jika terjadi kehamilan. Persiapan ini ditandai dengan terjadinya penebalan dinding rahim atau endometrium, yang mana berisi pembuluh darah. Jika tidak terjadi kehamilan, maka endometrium tersebut akan mengalami peluruhan yang juga menyebabkan keluarnya darah dari vagina.

Siklus bulanan pada tubuh wanita berjalan sekitar 4 minggu, yaitu dimulai sejak hari pertama haid hingga hari pertama haid berikutnya tiba. Pada dasarnya, siklus menstruasi pada seorang wanita diatur oleh beberapa hormon, baik yang dihasilkan oleh organ reproduksi kewanitaan, maupun kelenjar yang lain. Beberapa hormon yang terlibat dalam siklus tersebut di antaranya adalah estrogen, progesteron, Gonadotropin Relasing Hormone (GnRH), Folicle Stimulating Hormon (FSH), dan Luteinizing Hormone (LH).

Dalam keadaan normal, wanita akan mengalami menstruasi selama 3 sampai 7 hari. Meski begitu, bukan berarti semua wanita mengalami periode atau siklus menstruasi yang sama, bahkan jika di antara wanita tersebut memiliki usia yang sama. Terkadang, siklus menstruasi juga bisa datang lebih cepat maupun lebih lambat dari biasanya, dengan kisaran jarak normal antara 21 hingga35 hari.

Wanita yang sedang dalam masa menstruasi memang kerap mengalami perubahan mood. Selain itu, tahukah Anda bahwa ada larangan minum kopi selama masa menstruasi. Mengapa begitu?

Minum kopi selama mesntruasi sebenarnya tidak masalah, selama tidak berlebihan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa kopi memiliki kandungan kafein yang cukup tinggi. Meski dikenal dapat meningkatkan konsntrasi dalam menjalankan aktivitas, kafein juga dapat berpengaruh terhadap kondisi tubuh Anda saat menstruasi. Apalagi jika Anda termasuk orang yang sensitif terhadap kopi.

Berikut ini adalah beberapa risiko atau efek samping yang dapat terjadi jika Anda minum kopi saat haid, yaitu :

  • Perut Kembung dan Tidak Nyaman

Kopi merupakan minuman yang bersifat asam, sehingga dapat meningkatkan risiko perut kembung dan asam lambung. Ketika asam lambung meningkat, maka berbagai gangguan pencernaan pun akan muncul, disertai dengan adanya sensasi panas di ulu hati, perut terasa penuh, hingga mual. Kondisi ini tentunya akan membuat Anda semakin tidak nyaman saat menstruasi.

  • Membuat Nyeri Haid Semakin Parah


Kafein dapat menyebabkan terjadinya penyempitan pembuluh darah yang membuat aliran darah di sekujur tubuh menjadi tidak lancar. Kurangnya aliran darah menuju otot rahim juga dapat memotong suplai oksigen yang dapat menyebabkan sakit dan kram perut saathaid semakin menjadi.

  • Membuat Anda jadi Kurang Istirahat


Minum kopi dapat mengganggu waktu tidur Anda, sehingga tak jarang membuat seseorang mengalami insomnia. Pada akhirnya, Anda tidak mendapatkanwaktu tidur cukup dan kualitas tidur yang baik. Padahal, istirahat cukup merupakan kunci penting untuk meredakan gejala PMS dan nyeri haid.

Disqus Comments