Monday, March 16, 2020

Manfaat Ubi Ungu yang Jarang Diketahui


Ubi Jalar untuk Penderita Kista. Ubi jalar merupakan salah satu sumber pangan yang memiliki banyak jenis dan tentunya juga manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis ubi jalar, yakni ubi ungu dikenal akan berbagai macam khasiatnya, mulai dari pencegah kanker dan juga dapat mengurangi risiko serangan jantung. Bahkan berdasarkan data penelitian, ubi ungu memiliki kandungan lisin, tembaga, magnesium, kalium, zink, dan sumber kalori yang cukup tinggi. Tak hanya itu, ubi ungu juga dilengkapi dengan kandungan vitamin A, vitamin B1, dan juga vitamin C. Kandungan mineral yang terdapat dalam ubi jalar, di antaranya adalah zat besi, kalsium, fosfor, dan kalsium.

Ubi ungu biasanya dimasak menjadi berbagai macam olahan kue. Ubi ungu yang tidak dimasak memiliki kandungan kalori sebanyak 112 kal, bebas lemak, bebas kolesterol, dan rendah sodium. Namun, kandungan ini tentunya akan berubah tergantung dengan cara Anda mengolah ubi ungu tersebut. Sementara itu, mengukus atau merebus ubi jalar akan memunculkan rasa manis alaminya, namun dengan sedikit kalori.

Salah satu manfaat ubi ungu yang jarang diketahui adalah dapat meredakan gejala kista. Hal ini disebabkan karena, ubi ungu memiliki sifat anti peradangan. Selain itu, kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, kalsium, dan kalium yang terdapat pada ubi ungu mampu meringankan masalah perut dan masalah sejenisnya karena sifat anti-peradangan yang dimilikinya.

Selain mengatasi peradangan, berikut ini beberapa manfaat lain dari ubi jalar ungu yang perlu Anda ketahui :

  • Menghambat Penggumpalan Darah

Manfaat lain daru ubi jalar ungu adalah dapat membantu menghambat penggumpala darah. Dengan begitu, aliran darah menuju jantung akan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Selain itu, kandungan antosianin yang dimiliki ubi ungu juga berfungsi sebagai antioksidan yang dapat menyetap zat-zat radikal bebas, seperti polusi udara.

  • Mencegah Gangguan Pencernaan

Ubi ungu juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Selain serat, ubi jalar ungu juga memiliki kandungan pektin yang sangat baik untuk mencegah dan mengatasi gangguan pencernaan, seperti sembelit, wasir, hingga kanker kolon. Serat yang terdapat dalam ubi ungu juga bermanfaat untuk menahan air, sehingga mampu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh dan tubuh jauh dari kondisi dehidrasi.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang telah disampaikan sbelumnya, bahwa ubi ungu dilengkapi dengan kandungan vitamin B kompleks, vitamin C, fosfor, dan zat besi, sehingga dapat membantu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalam tubuh Anda.

  • Anti Kanker

Kandungan aktif pada ubi ungu, yakni selenium dan iodin, dua puluh kali lebih tinggi dibandingkan dengan jenis ubi lainnya. Oleh sebab itu, ubi jalar ungu dapat dimanfaatlkan sebagai makanan anti kanker.
Disqus Comments