Monday, March 30, 2020

Tips Mengatasi Keputihan saat Hamil


Tips Mengatasi Keputihan saat Hamil. Keputihan merupakan suatu hal yang lumrah terjadi di kalangan wanita. Ketika seorang wanita mengalami keputihan, maka hal ini menandakan bahwa Ia tengah berada pada masa suburnya. Selain itu, keputihan juga merupakan suatu reaksi alami dari tubuh sebagai cara alami dalam menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan Anda.

Apa sebenarnya keputihan itu? Keputihan sendiri merupakan cairan lendir yang dihasilkan oleh kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel-sel yang sudah mati dan juga bakteri-bakteri jahat yang dapat merugikan kesehatan tubuh. Hal ini merupakan reaksi alami yang dilakukan tubuh agar vagina tetap sehat dan terlindungi dari infeksi jamur dan bakteri.

Selain itu, keputihan juga dapat terjadi pada Ibu hamil. Hal ini disebabkan karena, salah satu penyebab keputihan adalah adanya perubahan secara hormonal, yang juga terjadi pada Ibu hamil. Perubahan kondisi leher rahim atau serviks juga berpengaruh terhadap munculnya keputihan pada Ibu hamil. Keputihan pada Ibu hamil akan semakin terlihat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan.

Meski begitu, masih banyak Ibu hamil yang merasa khawatir akan adanya keputihan yang terkadang menimbulkan rasa gatal dan aroma tidak sedap pada vagina. Maka dari itu, dalam artikel ini kami akan memberikan tips bagaimana cara mengatasi keputihan pada Ibu hamil.

  • Pemberian Obat Antibiotik


Jika keputihan yang dialami Ibu hamil disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pemberian obat antibiotik merupakan salah satu penanganan yang tepat. Obat antibiotik umumnya tersedia dalam bentuk tablet yang dapat dikonsumsi secara oral maupun diminum.

  • Pemberian Obat Anti Jamur


Selain infeksi bakteri, penyebab lain dari keputihan adalah akibat adanya infeksi jamur. Kondisi ini juga kerap terjadi selama masa kehamilan, sebab adanya perubahan pH atau tingkat keasaman pada organ intim Ibu hamil. Untuk mengatasi keputihan ini, pemberian bat yang tepat adalah obat anti-jamur. Obat anti-jamur ini biasanya tersedia dalam bentuk krim, salep, atau supositoria. Semantara, obat anti-jamur yang di minum tidak dianjurkan untuk Ibu hamil. Ada baiknya juga jika Anda melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan untuk mengatasi keputihan.

  • Menggunakan Air Rebusan Daun Sirih


Selain menggunakan obat-obatan di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan alami untuk mengatasi keputihan, salah satunya daun sirih. Pasalnya, daun sirih dikenal mampu membantu melawan bakteri dan jamur penyebab terjadinya keputihan. Hal ini disebabkan karena, daun sirih memiliki senyawa khas yang membuat tanaman ini memiliki aroma kuat, sehingga mampu membantu melawan bakteri atau parasit penyebab keputihan. 

Namun, air rebusan daun sirih tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil. Maka dari itu, sebaiknya Ibu hamil memanfaatkan daun sirih untuk membersihkan vagina dari luar saja.

Disqus Comments