Tuesday, March 31, 2020

Macam-Macam Manfaat Terapi Lintah untuk Kesehatan


Terapi Lintah untuk Benjolan. Lintah seringkali membuat seseorang merasa geli atau bahkan jijik ketika melihatnya. Namun, nyatanya lintah memiliki banyak manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Pasalnya, lintah dapat dimanfaatkan dengan menjadikannya bahan terapi atau yang dikenal dengan terapi lintah.

Terapi lintah sendiri adalah salah satu metode pengobatan yang sudah dikenal sejak zaman sulu, bahkan sebelum muncul metode pengobatan modern seperti saat ini. Pada zaman dahulu lintah dipercaya dapat mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, seperti kelainan sistem saraf, mengobati peradangan, infeksi, meringankan nyeri, serta masalah gigi dan kulit.

Meskipun kerap digunakan untuk terapi, nyatanya lintah yang digunakan bukan sembarang lintah. Lintah yang digunakan untuk terapi lintah adalah lintah jenis Hirudo, yakni Hirudo medicinalis, Hirudo nipponia, Hirudo orientalis, Hirudinaria manillensis, Hirudo troctina,  Hirudo quinquestriata, Hirudinaria javanica,  Haementeria depressadan, Haementeria officinalis, dan Poecilobdella granulosa. Biasanya, gigitan lintah yang digunakan tersebut akan meninggalkan bekas yang berbentuk huruf Y, dan akan sembuh dengan sendirinya tanpa meninggalkan bekas luka.

Berikut ini adalah beberapa manfaat terapi lintah untuk kesehatan tubuh :

  • Mencegah Kanker


Beberapa penelitian menyatakan bahwa air liur lintah memiliki kandungan hirudin yang berperan sebagai antioksidan, di mana ini merupakan zat anti-kanker yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, air liur lintah juga memiliki kandungan ghilaten yang dapat embantu menekan pertumbuhan beberapa jenis tumor.

  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Terapi lintah juga dipercaya dapat membantu melancarkan sirkulasi darah sekaligus mencegah penyumbatan pada pembuluh darah secara efektif. Hal ini yang membuat terapi lintah banyak digunakan untuk membantu mengatasi masalah pada sirkulasi darah, bahkan penyakit kardiovaskular. Selain itu, air liur lintah diduga memiliki efek anti-nyeri dan anti-peradangan, serta dapat melebarkan pembuluh darah.

Perlu Anda ketahui bahwa, saat ini banyak obat-obatan seperti obat wasir, tekanan darah tinggi, varises, dan gangguan kulit yang menjadikan air liur lintah sebagai bahannya. Pasalnya, efek protein yang terdapat pada lintah dapat membantu mencegah penyumbatan pada pembuluh darah, serta menghancurkan seluruh zat-zat yang menyebabkan pembuluh darah tersumbat, sehingga aliran darah yang tersumbat kembali lancar.

  • Mencegah Komplikasi pada Penderita Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang penderitanya berisiko tinggi mengalami komplikasi, termasuk penyumbatan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan terhambatnya darah mengalir ke kaki, tangan, serta jari-jarinya. Hal ini juga yang dapat menyebabkan jaringan mati, sehingga perlu dilakukan tindakan amputasi pada penderita diabetes.

Untuk mengatasi masalah tersebut, terapi lintah dapat dijadikan salah satu solusi yang patut diperhitungkan. Pasalnya, terapi lintah sendiri dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah, sehingga aliran darah dapat menjangkau lokasi jaringan tanpa mengalami hambatan yang mengganggu. Maka dari itu, terapi lintah dapat membantu mencegah risiko amputasi pada pasien diabetes.

Disqus Comments