Tuesday, March 17, 2020

3 Manfaat Mangga Muda untuk Ibu Hamil


Mangga Muda Buat Ibu Hamil. Ibu hamil pada dasarnya memang memerlukan asupan gizi dan nutrisi lebih banyak dibandingkan dengan asupan nutrisnya di hari-hari biasa. Salah satu asupan makanan yang penting dan tidak boleh dilewatkan Ibu hamil adalah buah-buahan. Hal ini disebabkan karena, buah-buahan memiliki banyak kandungan vitamin, mineral dan nutrisi lainnya yang sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil.

Pilihan buah yang baik untuk dikonsumsi Ibu hamil pun beragam, salah satu yang banyak manfaatnya adalah buah mangga muda. Mengapa mangga muda? Hal ini disebabkan karena, buah yang memiliki citarasa masam dan segar ini memiliki sejumlah manfaat yang sangat baik untuk Ibu hamil.

Meski rasanya masam, buah mangga muda memiliki banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan, terutama kesehatan Ibu hamil. Nutrisi yang ada pada buah mangga muda antaralain adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, asam folat, zat besi, kalsium, dan magnesium. Semua kandungan nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan Ibu hamil dan janin yang ada di kandungannya.

Namun, jika Ibu hamil ingin mengonsumsi mangga muda, sebaiknya konsumsi dalam jumlah yang normal dan jangan sampai berlebihan. Sebab, mengonsumsi mangga muda berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa manfaat mangga muda bagi Ibu hamil, yang sayang untuk dilewatkan :

  • Memberi Energi pada Ibu Hamil


Salah satu gangguan kesehatan yang kerap dialami oleh Ibu hamil adalah kekurangan energi kronik (KEK). Kondisi ini menyebabkan keluar masuknya energi dalam tubuh Ibu hamil tidak seimbang.

Ibu hamil yang megalami kekurangan energi kronis umumnya akan merasa kelelahan dalam jangka waktu panjang, wajah pucat, hingga mengalami kesemutan. Untuk mengatasi masalah ini, buah mangga muda bisa dijadikan solusi. Pasalnya, buah mangga muda dapat memberi tubuh Ibu hamil dorongan energi yang dapat membantu Ibu hamil agar tetap dapat beraktivitas.

  • Menyeimbangkan Cairan di Dalam Tubuh


Mengonsumsi buah mangga muda sebagai camilan dapat memberi manfaat baik untuk kesehatan Ibu hamil. Pasalnya, mangga setengah matang ini juga kaya akan gizi dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh Ibu hamil.

Mangga muda kaya akan kandungan elektrolit yang dapat membantu menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh Ibu hamil. Bahkan, mengonsumsi buah mangga muda dalam porsi yang tepat dapat mencegah Ibu hamil dari dehidrasi, dengan menghentikan hilangnya natrium klorida dan juga zat besi berlebihan di dalam tubuh Ibu hamil.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan


Sembelit atau susah buang air besar menjadi masalah kehamilan yang kerap terjadi. Hal ini disebabkan karena pergerakan usus saat hamil lebih lambat dibandingkan biasanya.

Salah satu manfaat mangga muda untuk Ibu hamil adalah untuk mengatasi masalah pencernaan tersebut. Pasalnya, buah mangga muda memiliki kandungan serat yang cukup untuk membantu melancarkan pencernaan Ibu hamil. Selain itu, mangga muda juga cocok dikonsumsi oleh Ibu hamil yang seing mengalami morning sickness dan diare.

Selain kaya akan serat, buah mangga muda juga memiliki kandungan alkali yang tinggi, sehingga dapat membantu mencegah sembelit dan melancarkan saluran pencernaan Ibu hamil.


Disqus Comments