Thursday, March 19, 2020

Makanan Sehat Pencegah Kanker Payudara


Kunyit untuk Benjolan Payudara. Munculnya benjolan di payudara memang harus diwaspadai, sebab bisa jadi kondisi tersebut merupakan pertanda adanya penyakit yang berbahaya, seperti kanker payudara. Lantas, bagaimana cara mencegah kanker payudara? SImak ulasan di bawah ini.

Kanker payudara merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika sel abnormal terbentuk di jaringan payudara secara tak terkendali. Jenis kanker ini bisa terbentuk pada kelenjar yang menghasilkan susu , yaitu lobulus atau pada saluran yang membawa air susu dari kelenjar ke puting payudara (duktus). Kanker payudara juga dapat terbentuk pada jaringan lemak atau jaringan ikat di dalam payudara.

Pada dasarnya, kanker payudara terbentuk akibat sel-sel yang ada di dalam payudara tumbuh secara tidak wajar dan tidak terkendali. Sel abnormal tersebut umumya membentuk tumor yang tumbuh seperti benjolan. Meski umumnya kanker payudara terjadi pada wanita, namun ternyata kondisi ini juga bisa terjadi pada pria.

Perlu Anda ketahui, bahwa kanker payudara seringkali tidak terdeteksi pada tahap awal, dikarenakan ukurannya yang kecil. Pasalnya, benjolan kanker payudara baru dapat teraba ketika ukurannya sudah cukup besar. Namun, bukan berarti semua benjolan yang tumbuh di payudara merupakan kanker. Maka dari itu, jika Anda menemukan adanya benjolan di payudara sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya secara pasti.

Selain itu, kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian pada wanita yang perlu di waspadai. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda sebagai wanita melakukan pencegahan terhadap kanker payudara sejak dini. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kanker payudara adalah dengan mengonsumsi makanan sehat.

Berikut ini beberapa makanan sehat pencegah kanker payudara :

  • Kunyit


Kuntit merupakan salah satu jenis rempah yang khasiatnya sudah tidak perlu diragukan lagi dalam memberantas sel kanker. Hal ini disebabkan karena zat kurkumin yang ada pada kunyit mampu bekerja mengatasi peradangan serta membantu tubuh untuk mendeteksi serta menghancurkan sel-sel abnormal yang bermutasi.

  • Makanan yang Mengandung Karotenoid


Karotenoid merupakan zat perwarna alami yang memberikan warna merah, kuning, atau oranye pada buah dan sayuran. Makanan yang memiliki kandungan karotenoid sangat baik dikonsumsi untuk mencegah kanker payudara. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut memiliki kandungan vitamin A, lutein, likopen, dan betakaroten,. Semua kandungan tersebut dinilai mampu melawan radikal bebas yang dapat memicu kanker.

Beberapa makanan yang mengandung karotenoid dan berpotensi mencegah terjadinya kanker, antara lain adalah tomat, wortel, aprikot, ubi jalar, dan kol.

  • Sayuran Hijau


Sayuran memang merupakan asupan yang sangat penting dan bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pasalnya, sayuran memiliki kandungan antioksidan dan serat tinggi yang dapat memberantas radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Dari sekian banyak jenis sayuran, sayuran hijau dikenal mampu mencegah munculnya kanker. Sayuran hijau yang dinilai ampuh dalam mencegah tumbuhnya sel kanker, antara lain adalah bayam, brokoli, asparagus, lobak, kol hijau.

  • Makanan yang Mengandung Asam Lemak Omega-3

Makanan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 tinggi juga dapat membantu mecegah kanker payudara, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung asam lemak omega tinggi antara lain adalah ikan salmon, sarden, minyak ikan cod, minyak kacang, dan kacang kenari.

Disqus Comments