Thursday, March 5, 2020

Penyebab Kista pada Gigi dan Cara Mengatasiya


Jenis Kista pada Gigi. Pernahkan Anda mengdengan penyakit kista pada gigi? Kista gigi termasuk pada jenis kista yang jarang disadari keberadaannya. Kondisi ini biasanya baru diketahui ketika dokter gigi melakukan pemeriksaan pada gigi yang terkena infeksi atau ketika melakukan rontgen pada rahang.

Kista gigi sendiri adalah suatu kantong berisi cairan yang tumbuh di sekitar gigi dan mulut. Jenis kista ini umumnya disebabkan akibat adanya infeksi pada akar gigi yang mati. Pasalnya, Kista gigi biasanya terbentuk ketika gigi mengalami infeksi. Meski begitu, ada juga beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan timbulnya kista pada gigi.

Penyebab Kista Gigi

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kista gigi terbentuk akibat infeksi pada gigi atau mulut yang serius. Hal ini dapat membuat gigi menjadi tidak berfungsi seperti seharusnya atau bahkan mati, walaupun sebenarnya kondisi gigi tersebut masih tertancap kuat di area gusi.

Dalam banyak kasus, kista gigi terbentuk di ujung akar gigi, namun bukan berarti kista pada gigi tidak timbul pada area gusi bagian atas atau sekitar mahkota gigi, sebab semua itu mungkin saja terjadi. Tak hanya itu, meskipun penyebab utama kista pada gigi adalah infeksi, akan tetapi dalam kasus yang jarang terjadi, kista pada gigi juga dapat terjadi akibat faktor genetik atau keturunan.

Kista gigi juga seringkali tidak terdeteksi pertumbuhannya, bahkan kista gigi juga dapat tumbuh tersembunyi di bagian dalam gusi. Kista gigi dapat tumbuh dalam jangka waktu yang cukup lama, yakni selama berbulan-bulan atau bahkan hingga bertahun-tahun.

Kista gigi biasanya hanya tumbuh satu saja, akan tetapi dalam kondisi tertentu, kista gigi juga dapat tumbuh lebih dari satu. Selain itu, kista gigi juga tidak selalu tumbuh akibat adanya infeksi saja. Hal ini disebabkan karena, banyak kemungkinan lain yang dapat menyebabkan munculnya kista pada gigi. Salah satu penyebabnya adalah kelainan pertumbuhan gigi, misalnya ada pertumbuhan gigi yang tidak sempurna sehingga tertanam pada area gusi atau akibat  posisi tempat tumbuhnya gigi salah (tidak beraturan), dan lain sebagainya.

Penanganan Kista Gigi

Penanganan kista gigi yang paling ampuh adalah dengan melakukan prosedur operasi bedah mulut, yang dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut. Hal ini bertujuan untuk memeriksa gigi secara keseluruhan dan dengan detail, mengangani dan memperbaiki jaringan yang mengalami masalah akibat kista gigi, serta mencegah tumbuhnya kista pada gigi lain.

Meskipun kista gigi dapat ditangani, namun akan lebih baik jika Anda melakukan pencegahan terhadap kista gigi sejak dini. Pasalnya kista gigi dapat dicegah dengan hanya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut. Anda dapat mencegah kista hanya dengan sikat gigi dua kali sehari, serta melakukan flossing gigi atau membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang dental.

Disqus Comments