Sunday, March 29, 2020

4 Hal yang Membuat Keputihan Bertambah Parah


Hal yang Memperparah Keputihan. Keputihan merupakan istilah yang digunakan orang awam untuk menggambarkan suatu kondisi di mana vagina mengeluarkan cairan atau lendir yang normalnya berwarna bening atau putih. Sementara itu, cairan keputihan yang tidak normal keluar dengan jumlah yang lebih banyak dari biasanya, berwarna kuning, coklat, abu-abu atau kehijauan, berbau tidak sedap, serta menimbulkan rasa gatal atau sensasi terbakar pada vagina.

Perlu Anda ketahui bahwa ada sejumlah kecil cairan dalam tubuh yang keluar dari lubang vagina. Cairan ini berasal dari cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat di dinding vagina, dinding rahim, dan dinding leher rahim.

Pada dasarnya, keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada setiap wanita. Pasalnya, keputihan menandakan bahwa vagina berfungsi dengan baik untuk membersihkan dirinya sendiri. Namun, ada kalanya di mana keputihan juga menandakan adanya masalah kesehatan pada vagina, yang ditandai dengan keputihan abnormal.

Penyebab utama terjadinya keputihan antara lain adalah, infeksi jamur dan bakteri, penyakit menular seksual (seperti gonore dan trikomoniasis), dan perubahn hormonal, seperti saat seorang wanita sedang stres, dalam masa kehamilan, atau sedang mennyusui.

Namun, selain itu ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keputihan bertambah parah. Di antaranya adalah :

  • Terlalu banyak mengonsumsi gula


Selain dapat menyebabkan diabetes, mengonsumsi makanan atau minuman manis juga berpotensi menyebabkan keputihan pada wanita, terutama padaIbu hamil. Mengurangi konsumsi gula  pada dasarnya merupakan hal yang penting untuk dilakukan semua, orang terutama wanita, sebab selain menurunkan risiko keputihan juga menurunkan risiko terjadinya diabetes.

  • Mengonsumsi makanan yang mengandung ragi


Makanan yang diolah dengan proses fermentasi, seperti keju, pasta tomat, bir, dan jamur juga dapat menyebabkan keputihan menjaditambah parah. Maka dari itu, Anda sebagai wanita sebaiknya batasi mengonsumsi makanan-makanan tersebut.

  • Mengonsumsi buah-buahan yang dikeringkan


Jika Anda termasuk wanita yang gemar mengonsumsi buah-buahan kering, maka sebaiknya kurangi kebiasaan itu mulai dari sekarang. Pasalnya, buah yang dikeringkan memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, sehingga dapat menyebabkan keputihan berlebih. Selain itu, jika ingin mengonsumsi buah sebaiknya Anda memiliki buah yang dengan kadar gula rendah, seperti jeruk, melon, apel, dan stroberi.

  • Terlalu sering minum kopi


Terlalu sering minum kopi juga dapat menyebabkan keputihan berlebih disertai bau yang tidak sedap. Oleh sebab itu, sebagai wanita Anda harus membatasi asupan kopi agar tidak terjadi masalah keputihan serta masalah kesehatan lainnya.

Disqus Comments