Thursday, March 26, 2020

Khasiat Daun Sirih Sebagai Obat Keputihan


Daun Sirih Obat Keputihan. Keputihan merupakan masalah kewanitaan yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi setiap wanita. Sebab, pada dasarnya keputihan merupakan masalah kewanitaan yang tergolong wajar dan normal terjadi. Meski begitu, apabila keputihan yang dialami menyebabkan vagina terasa gatal, mengeluarkan bau tidak sedap, dan membuat Anda tidak nyaman, maka kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Hal ini disebabkan karena, keputihan tersebut termasuk kedalam keputihan tidak normal yang menandakan adanya masalah pada vagina, seperti infeksi jamur dan bakteri.

Pada dasarnya, keputihan normal memiliki ciri-ciri di antaranya, tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak menyebabkan rasa gatal. Namun, ketika keputihan berada dalam batas yang tidak normal, seperti bewarna kekuningan atau kehijauan, berbau, dan menyebabkan gatal, maka hal ini biasanya disebabkan oleh adanya bakteri, jamur, atau parasit yang berkembang pada vagina.

Namun pernahkan Anda mendengar bahwa daun sirih dapat membantu mengatasi keputihan secara alami?

Daun sirih merupakan tanaman herbal yang seringkali digunakan sebagai bahan pengobatan tradisional. Hal ini disebabkan karena, daun sirih memiliki kandungan antibakteri, antijamur, antiradang, dan antioksidan. Dengan kandungan yang dimiliki nya, daun sirih tentunya dapat membantu melawan keputihan yang disebabkan oleh infeksi jamur dan bakteri.

Berikut ini beberapa menggunakan daun sirih sebagai obat keputihan alami :

  • Diminum secara Langsung


Cara pertama, Anda dapat mengolah daun sirih untuk diminum. Anda hanya perlu menyiapkan 3-4 lembar daun sirih, kemudian rebus bersana dengan dua gelas air selama 10-15 menit, hingga air rebusan tersebut menyusut dan berubah warna. Setelah itu, saring air rebusan daun sirih tersebut hingga suhunya turun.

Setelah suhu air turun, Anda dapat langsung meminumnya untuk menghilangkan keputihan. Agar hasilnya maksimal,  Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun sirih ini sebnayak 2-3 kali dalam sehari. Anda juga dapat menambahkan madau atau air perasan lemon untuk menambah rasa.

  • Dibasuh secara Langsung


Jika Anda tidak menyukai rasa air rebusan daun sirih yang diminum langsung, Anda dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk dibasuhkan secara langsung pada vagina. Cara membasuh vagina yang benar ada;ah dimulai dari arah depan ke belakang, dan jangan sampai terbalik. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat membasuh vagina dengan air rebusan daun sirih sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Meski bermanfaat, nyatanya penggunaan daun sirih untuk mengatasi keputihan pada wanita tidak bisa sembarangan dilakukan. Pasalnya, daun sirih yang digunakan secara berlebihan dapat membuat perubahan pH atau tingkat keasaman pada vagina. Hal ini tentunya dapat menyebabkan vagina menjadi kering dan iritasi, karena adanya ketidakseimbangan antara flora dan bakteri yang ada di dalamnya. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mendiskusikan sengan dokter mengenai pengobatan keputihan yang tepat.

https://lingshenyao.id/obat-kista-di-apotik/
Disqus Comments