Sunday, March 8, 2020

Ciri Benjolan di Bawah Dagu yang Berbahaya


Ciri Benjolan di Bawah Dagu yang Berbahaya. Munculnya benjolan di bawah dagu secara tiba-tiba pastinya membuat Anda merasa khawatir dan takut akan terjadinya gangguan kesehatan yang berbahaya. Lantas, apa sebenarnya penyebab munculnya bejolan di bawah dagu?

Pada dasarnya, benjolan di bawah dagu termasuk pembengkakan kelenjar getah bening. Bagian tubuh yang memiliki banyak kelenjar getah bening antaralain adalah rahang bagian bawah, bagian belakang telinga, dan leher, termasuk di bagian bawah dagu.

Pembengkakan kelenjar getah bening di bagian bawah dagu termasuk bagian dari sistem kekebalan tubuh manusia yang dapat membantu melawan berbagai macam infeksi. Di antaranya yang disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur.

Benjolan di bawah dagu bisa menjadi kondisi yang berbahaya atau tidak. Benjolan yang berbahaya ditandai dengan kemunculannya yang tiba-tiba degan ukuran yang besar, teksturnya keras, tidak bergerak, dan membuat area benjolan berubah menjadi merah atau ungu.

Berikut ini beberapa penyebab munculnya benjolan di bawah dagu yang perlu Anda ketahui :

  • Lipoma


Lipoma adalah suatu kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan yang terdiri dari lemak. Lipma tumbuh di antara kulit dan lapisan otot dan pertumbuhannya cenderung lambat. Tekstur dari benjolan lipoma terasa lunak, akan tetapi tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga bukan merupakan benjolan yang berbahaya.

Umumnya, lipoma tumbuh di bahu, punggung, lengan, paha, leher, termasuk di bawah dagu. Apabila di tubuh Anda terdapat benjolan lipoma, maka sebaiknya jangan menekannya menggunakan jari, sebab benjolan dapat bergerak dan berpindah.

  • Limfadenitis


Limfadenitis merupakan suatu peradangan yang terjadi di kelenjar getah bening. Kondisi ini ditandai dengan munculnya benjolan di beberapa bagian tubuh, di antaranya adalah leher, ketiak, atau selangkangan. Pada umumnya, bagian tubuh dengan limfadenitis, sejalan dengan aliran pembuluh getah bening.

Umumnya, limfadenitis terjadi akibat adanya infeksi, seperti inveksi virus HIV, infeksi telinga, hingga infeksi radang tenggorokan. Kondisi ini juga dapat disertai dengan gejala seperti demam dan nyeri pada benjolan.

Limfadenitis juga dapat memicu terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening, dan ketika ukuran benjolan tersebut membesar, benjolan akan mudah teraba.

  • Gondongan


Benjolan di bawah dagu juga dapat disebabkan akibat infeksi virus menular yang dapat memicu terjadinya gondongan. Virus gondongan ini menyebabkan terjadi pembengkakan yang disertai dengan ras nyeri pada kelenjar ludah. Biasanya, benjolan gondongan muncul di bagian leher kanan atau kiri.

Selain itu, gondongan juga dapat dialami oleh anak-anak dengan rentang usia 2 sampai 12 tahun. Virus gondongan menyebabkan munculnya benjolan pada anak sekitar 12-24 hari setelah terinfeksi. Gondongan merupakan kondisi yang harus segera diatasi, karena dapat menyebabkan terjadinya komplikasi yang membahayakan kesehatan.

  • Tubercolusis (TBC)


TBC atau tubercolusis merupakan infeksi yang menyearang paru-paru. Salah satu gejala yang menandakan TBC adalah munculnya benjolan di sekitar dagu hingga leher.

  • Kanker


Kanker juga bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di bawah dagu. Jenis kanker yang menyebabkan munculnya benjolan di bawah dagu adalah kanker kelenjar getah bening dan kanker darah.


Disqus Comments