Wednesday, March 18, 2020

Kenali Perbedaan Tumor Payudara Jinak dan Kanker Payudara


Benjolan Kanker Payudara. Apa yang terjadi ketika Anda menemukan adanya suatu benjolan di payudara Anda? Tentunya Anda sebagai wanita akan merasa takut, panik, dan khawatir akan terjadinya suatu penyakit yang berbahaya, seperti kanker payudara. Padahal, tidak semua benjolan di payudara bersifat berbahaya atau kanker. 

Dalam sebagian besar kasus benjolan yang muncul di payudara sebenarnya merupakan jenis tumor payudara jinak. Oleh sebab itu, penting bagi Anda, khususnya para wanita, untuk mengetahui perbedaan antara benjolan tumor payudara jinak dan benjolan tumor payudara ganas, atau yang disebut dengan kanker payudara, seperti yang akan dijelaskan dalam ulasan di bawah ini.

Tumor payudara jinak merupakan benjolan tumor yang terbentuk di payudara, tidak terbentuk dari sel-sel ganas, dan tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Umumnya tumor jinak tidak membahayakan nyawa penderitanya.

Jenis Tumor Payudara Jinak

Beberapa jenis tumor payudara jinak yang umum terjadi, yaitu :
  • Fibroadenoma

Fibroadenoma merupakan jenis tumor payudara jinak yang paling umum dan paling sering dialami oleh wanita dengan usia 15 sampai 35 tahun. Penyebab utama fibroadenoma adalah akibat dari sel-sel di kelenjar dan jaringan ikat di payudara yang tumbuh secara berlebihan. Fibroadenoma diduga dapat terjadi akibat perubahan hormon estrogen yang ada di dalam tubuh wanita.

Dalam kebanyakan kasus, benjolan pada fibroadenoma dapat hilang dengan sendirinya, namun terkadang kondisi ini juga dapat menetap dan tumbuh membesar.
  • Fibrokistik

Jika benjolan yang tumbuh di payudara Anda hilang dan timbul sesuai dengan siklus menstruasi Anda, maka kemungkinan itu adalah fibrokistik. Kondisi ini umumnya muncul akibat adanya perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi. Biasanya, fibrokistik dialami oleh wanita dengan kisaran usia 20 hingga 50 tahun.
  • Kista Payudara

Kista payudara merupakan kantong atau benjolan berisi cairan yang bisa tumbuh pada salah satu maupun kedua payudara. Benjolan ini bersifat jinak alias non-kanker, sehingga Ada tidak perlu terlalu khawatir.

Kista payudara dapat terjadi pada wanita di berbagai usia, namun paling sering dialami oleh wanita dengan kisaran usia 35 hingga 50 tahun.

Perbedaan Tumor Payudara Jinak dan Ganas

Berikut ini beberapa ciri-ciri yang membedakan antara tumor payudara jinak dan ganas atau kanker payudara :
  • Tumor payudara jinak cenderung memiliki batasan yang jelas di antaranya dengan jaringan lain yang berasa di sekitarnya. Sementara itu, benjolan yang muncul di payudara akibat tumor ganas atau kanker payudara tidak memiliki batasan yang jelas.
  • Benjolan tumor jinak di payudara biasanya dapat digerakkan ketika disentuh. Namun, jika benjolan tumor adalah tumor ganas atau kanker, maka benjolan tersebut cenderung tidak dapat digerakkan sama sekali dan seperti menyatu dengan jaringan di sekitarnya.
  • Benjolan tumor payudara jinak memiliki tekstur yang lebih kenyal dan terasa lunak ketika Anda menyentuhnya. Sementara itu, tumor payudara ganas atau kanker payudara justru akan terasa keras dan padat ketika Anda menyentuhnya.
Disqus Comments