Wednesday, March 4, 2020

Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak Ibu Hamil


Benjolan di Ketiak saat Hamil. Ibu hamil pada dasarnya pasti mengalami banyak perubahan, baik secara fisik maupun psikis. Di antaranya seperti perubahan mood, tangan dan kaki yang membengkak, hingga perubahan tubuh lainnya saat melakukan aktivitas normal.

Selain pembengkakan pada tangan dan kaki, salah satu perubahan fisik yang kerap dialami ibu hamil adalah terjadinya pembengakakan pada bagian bawah ketiak, tepatnya di dekat payudara. Tak jarang pembengkakan ini menimbulkan rasa nyeri, sehingga dapat mengganggu aktivitas ibu hamil sehari-hari. Lantas, apa penyebab munculnya benjolan pada ketiak ibu hamil? Dan apakah kondisi tersebut berbahaya?

Pada dasarnya, dalam tubuh manusia terdapat kelenjar getah bening yang berperan sebagai pelindung atau pertahanan yang akan bereaksi ketika ada kondisi-kondisi yang berpotensi membahayakan dan merugikan kesehatan tubuh.

Pembengkakan pada kelenjar bisa jadi menandakan suatu reaksi pertahanan tubuh. Nah, pembengkakan inilah yang sering terjadi pada ibu hamil.

Penyebab Munculnya Benjolan di Ketiak Ibu Hamil

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa munculnya benjolan atau pembengkakan ketiak pada ibu hamil terjadi akibat pembengkakan kelenjar. Pembengkakan ini umumnya terjadi pada kelenjar susu yang berada di dekat ketiak. Jaringan kelenjar susu ini bekerja guna mempersiapkan ibu untuk menyusui nanti ketika bayi lahir.

Anda tidak perlu khawatirm sebab benjolan ini sangat wajar dialami oleh ibu hamil, juga akan menyusut dan menghilang seiiring dengan waktu sang ibu menyusui bayinya.

Apakah Pembengkakan Ketiak pada Ibu Hamil Berbahaya?

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya juga, bahwa pembengkakan kelenjar susu pada ibu hamil merupakan hal yang sangat wajar terjadi, sehingga tidak berbahaya. Pembengkakan tersebut akan menghilang secara perlahan seiring berjalannya waktu.

Namun, ada beberapa kasus yang menunjukan bahwa benjolan yang muncul merupakan gejala kanker. Ada juga yang disebabkan karena kelenjar getah bening membengkak akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur pada lengan payudara.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan dokter, untuk memastikan bahwa benjolan yang muncul tidak berbahaya.

Pengobatan Benjolan di Ketiak saan Hamil


Jika Anda memutukan untuk mengonsumsi  obat-obatan guna meredakan benjolan di ketiak, maka jangan lupa untuk mengonsultasikannya dengan dokter lebih dulu.

Biasanya, dokter akan memberikan obat berupa antibiotik, antijamur, dan antivirus guna memberantas bakteri, jamur, virus, atau parasit lainnya yang memicu terjadinya peradangan pada ketiak.

https://lingshenyao.id/cara-mengobati-benjolan/
Disqus Comments