Monday, March 23, 2020

3 Makanan Sehat Ini Ampuh Atasi Keputihan


Alpukat untuk Keputihan. Keputihan adalah cairan lendir yang keluar dari vagina. Keluarnya cairan dari vagina tersebut merupakan kondisi yang terbilang normal terjadi pada setiap wanita. Keputihan sendiri adalah suatu hal yang menandakan bahwa vagina dapat berfungsi dengan baik dalam membersihkan dirinya sendiri secara otomatis.  

Pada dasarnya, keputihan adalah reaksi alami dari tubuh wanita. Keputihan yang nomal dapat melindungi vagina dari kondisi vagina kering, iritasi, infeksi vagina, infeksi saluran kemih, serta memberikan lubrikasi saat melakukan hubungan seksual.

Meski begitu, keputihan bisa terjadi secara normal dan tidak normal. Ciri-ciri keputihan normal di antaranya adalah warnanya yang bening atau putih, tidak menyebabkan gatal, dan disertai bau yang tidak menyengat ataupun tidak berbau sama sekali. Sementara itu, keputihan tidak normal bewarna kuning, hijau atau kecoklatan, berbau tidak sedap, dan menyebabkan rasa gatal.

Penyebab utama keputihan adalah akibat infeksi jamur dan bakteri. Selain itu, ada kondisi lain yang dapat menyebabkan keputihan, di antaranya seperti ovulasi, infeksi menular seksual, alergi, hingga penggunaan alat kontrasepsi dalam rahim (AKDR) di mana alat ini dimasukan langsung ke dalam rahim. 

Keputihan kerap membuat wanita merasa terganggu dan tidak nyaman, karena cairan keputihan yang keluar cenderung banyak, menimbulkan bau tidak sedap, bahkan terasa gatal. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab ada beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu mengurangi keputihan.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang dapat membantu mengatasi keputihan :

  • Alpukat


Alpukat memiliki kandungan lemak sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan dinding vagina, sehingga membuat vagina tidak kering, gatal, maupun terasa seperti terbakar. Selain itu,alpukat juga dilengkapi dengan vitamin B6 dan kalium yang sangat baik untuk kesehatan vagina Anda.

Meski sangat baik untuk dikonsumsi, tetapi pastikan juga jika Anda tidak mengonsumsi buah ini secara berlebihan. Sebab, mengonsumsi alpukat berlebihan pun tidak baik untuk kesehatan Anda.

  • Bawang Putih


Bawang putih merupakan rempah alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh. Bawang putih memiliki kandungan anti-mikroba dan anti-jamur yang dapat membantu mencegah terjadinya berbagai macam masalah pada vagina, seperti keputihan yang tidak normal. Anda cukup mengonsumsi 2-3 siung bawang putih mentah setiap hari secara rutin untuk mengatasi keputihan. Selain itu, mengonsumsi bawang putih juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Yogurt


Yogurt juga dapat Anda manfaatkan sebagai makanan alami untuk mengatasi keputihan. Pasalnya, yogurt memiliki kandungan bakteri L-acidophilus dan bakteri yang sangat bermanfaat untuk menjaga pH pada area kewanitaan. Bakteri tersebut juga dapat membantu mengembalikan area vagina yang terinfeksi jamur atau bakteri penyebab keputihan menjadi pulih kembali.

Disqus Comments