Thursday, February 27, 2020

Tipe Mioma Uteri Berdasarkan Letaknya


Tipe Mioma Uteri. Mioma uteri merupakan salah satu kondisi yang dihindari oleh wanita. Namun, sayangnya hampri sebagian perempuan pernah memiliki miom di rahim mereka. Lantas, apa itu mioma uteri? Apakah mioma uteri berbahaya? Miom atau mioma uteri adalah kondisi yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel tumor di dalam atau di sekitar uterus (rahim). 

Meski begitu Anda tidak perlu khawatir, sebab mioma uteri bukanlah penyakit yang bersifat ganas alias non-kanker. Pasalnya, tumor yang tumbuh merupakan tumor jinak. Mioma uteri sendiri terjadi ketika sel otot pada rahim tumbuh secara abnormal. Miom juga dapat terjadi pada wanita yang tengah hamil. Kasus ini sering terjadi pada wanita berusia 30 hingga 40 tahun.

Perlu Anda ketahui, bahwa miom juga dapat tumbuh dengan ukuran yang bervariasi dengan pola pertumbuhan yang juga bervariasi. Pertumbuhan miom ada yang secara perlahan, cepat, atau bahkan berhenti tumbuh pada tahap tertentu. Tak hanya itu, dalam beberapa kasus miom juga dapat menyusut dan menghilang dengan sendirinya. Kondisi ini umumnya dialami oleh wanita yang sedang hamil. Hal ini disebabkan karena miom pada rahim biasanya akan hilang setelah melahirkan dan diiringi dengan ukuran uterus yang kembali normal.

Tipe Mioma Uteri

Tipe atau jenis mioma uteri dibedakan dari lokasi tumbuhnya miom di area sekitar rahim. Beriukt ini beberapa jenis miom yang umum terjadi :
  • Mioma intramural

Kasus mioma intramural merupakan yang paling banyak di temukan dalam sekian banyak kasus miom. Mioma intramularsendiri tumbuh diantara jaringan otot rahim. Jenis mioma ini juga berpotensi memicu perbesaran ukuran rahim.
  • Mioma subserosa

Mioma subserosa adalah jenis mioma uteri yang lokasinya terletak di bagian luar dinding rahim, ke rongga panggul. Jenis mioma uteri ini juga dapat tumbuh dan menyebar ke bagian luar rahim.
  • Mioma submukosa

Mioma submukosa adalah jenis mioma uteri yang lokasinya terletak di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim. Apabila jenis mioma uteri ini tumbuh dengan ukuran yang semakin besar, maka bisa jadi memengaruhi siklus menstruasi Anda, sehingga memicu terjadinya pendarahan yang cukup hebat, serta komplikasi lainnya yang lebih serius, seperti kemandulan hingga keguguran.
  • Mioma pedunculate

Mioma penduculate merupakan jenis mioma uteri yang tumbuh pada batang kecil, baik di luar maupun di dalam rahim.

Penyebab Mioma Uteri

Sebenarnya, hingga saat ini penyebab pasti dari munculnya mioma uteri sendiri masih belum diketahui. Meski begitu, sejumlah riset menunjukan bahwa kondisi ini menunjukan kaitan pada pertumbuhan miom dan tingginya kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh wanita. Kedua hormon tersebut adalah hormon yang memicu perkembangan dinding rahim saat menstruasi dan menjelang kehamilan. Beberapa riset tersebut juga menunjukan bahwa ukuran mioma uteri cenderung akan menyusut setelah masa menopause.

Disqus Comments