Thursday, February 20, 2020

Tipe Mioma Uteri Berdasarkan Letaknya


Ada banyak masalah kesehatan yang dapat dialami oleh wanita, khususnya di bagian rahim, salah satunya adalah mioma uteri. Ada empat tipe mioma uteri yang perlu Anda ketahui. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini.

Apa itu miom? Miom atau mioma uteri bisa disebut juga dengan uterine fibroids, yang mana merupakan kondisi yang ditandai dengan munculnya benjolan berupa tumor jinak (non-kanker) di bagian uterus (rahim). Meski kata "tumor" sedikit terdengar menyeramkan, namun Anda tidak perlu khawatir, sebab seperti yang telah disampaikan, bahwa mioma uteri sendiri bukan merupakan penyakit ganas dan tidak ada kaitannya dengan kanker rahim maupun kanker serviks. 

Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa mioma uteri dapat tumbuh dengan ukuran yang beragam, mulai dari kecil hingga sangat besar. Jika ukuran mioma yang tumbuh semakin membesar, maka dapat mempengaruhi ukuran rahim atau bahkan menyebabkan kerusakan pada rahim Anda. Selain itu, miom yang berukuran besar juga dapat menyebabkan organ di sekitarnya tertekan, sehingga menimbulkan gejala-gejala.

Jenis Mioma Uteri Berdasarkan Letaknya

Jenis mioma uteri dibedakan dari lokasi tumbuhnya miom di sekitar rahim. Beberapa jenis miom tersebut antara lain adalah :

  • Mioma intramural

Jenis mioma ini merupakan yang paling banyak di temukan dalam sekian banyak kasus miom. Mioma intramularsendiri tumbuh diantara jaringan otot rahim. Jenis mioma ini juga berpotensi memicu perbesaran ukuran rahim.
  • Mioma subserosa

Mioma subserosa adalah jenis miom yang lokasinya terletak di bagian luar dinding rahim, ke rongga panggul. Jenis miom ini juga dapat tumbuh dan menyebar ke bagian luar rahim.
  • Mioma submukosa

Mioma submukosa adalah jenis miom yang lokasinya terletak di lapisan otot bagian dalam dari dinding rahim. Jika jenis mioma submukosa ini tumbuh dengan ukuran yang semakin besar, maka dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda, sehingga memicu terjadinya pendarahan yang cukup hebat, serta komplikasi lainnya yang lebih serius, seperti kemandulan dan keguguran.

  • Mioma pedunculate


Mioma penduculate adalah jenis mioma yang tumbuh pada batang kecil, baik di dalam maupun di luar rahim.

Gejala Mioma Uteri

Sebenarnya, mioma uteri pada umumnya idak menimbulkan gejala apapun. Namun, dalam beberapa kasus miom yang tergolong serius, miom dapat menimbulkan gejala yang cukup mengganggu. Gejala tersebut antara lain adalah :
  • Perut terlihat membesar (kembung) dan terasa sakit.
  • Terasa nyeri ketika melakukan hubungan seksual.
  • Bagian panggul terasa nyeri dan tertekan.
  • Terasa nyeri di bagian belakang kaki.
  • Siklus menstruasi yang tidak teratur.
  • Terjadi sembelit atau konstipasi akibat ukuran miom yang membesar dan menekan bagian usus besar atau rektum.
  • Frekuensi buang air kecil menjadi lebih banyak atau beser, yang disebabkan karena adanya tekanan pada - kantung kemih akibat miom.
Disqus Comments