Tuesday, February 11, 2020

3 Tanaman Obat Kanker Paling Ampuh


Tanaman Obat Tumor Ganas. Tumor ganas bisa juga disebut dengan kanker. Mendengar kata kanker, pastinya hal-hal yang menakutkan terlintas di benak Anda. Tentu saja! Sebab, kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan dan cenderung sulit untuk disembuhkan. Bahkan, kanker merupakan penyebab kematian kedua terbanyak di dunia.

Kanker sendiri adalah penyakit yang terjadi akibat adanya pertumbuhan sel abnormal yang tidak terkendali di dalam tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan sel-sel normal di sekitarnya dan bagian tubuh lain mengalami kerusakan.

Penyakit kanker umumnya tidak menimbulkan gejala khusus pada masa awal perkembangannya. Hal ini membuat keberadaan sel kanker tidak disadari, sehingga baru terdeteksi ketika sudah menginjak staium akhir.

Metode pengobatan kanker yang paling umum dilakukan, antara lain adalah operasi, kemoterapi, radioterapi, imunoterapi, transplantasi sumsum tulang belakang, terapi hormon, hingga terapi target. 

Namun, selain menjalani pengobatan medis, tanaman obat juga dapat dijadikan sebagai pendamping dalam mengobati kanker. Pasalnya, ada beberapa tanaman obat yang dinilai efektif dalam membantu proses pengobatan kanker. Apa saja tanaman itu? 

Berikut ini beberapa tanaman obat untuk kanker yang dapat Anda manfaatkan :

  • Daun Sirsak

Sirsak merupakan buah yang memiliki rasa segar dan nikmat ketika disantap. Selain itu, sirsak juga seringkali dimanfaatkan sebagai tanaman herbal dalam mengobati beberapa jenis penyakit. Namun tak hanya bagian buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, melainkan biji, akar, hingga daunnya pun bermanfaat sebagai obat herbal.

Salah satu manfaat luar biasa yang dimiliki daun sirsak adalah sebagai bahan alami dalam menumpas sel kanker. Hal ini disebabkan karena, daun sirsak memiliki kandungan super yang bernama acetogennins, di mana zat tersebut mampu melawan beberapa jenis sel kanker.

  • Daun Tapak Dara


Tanaman tapak Dara merupakan salah satu jenis tanaman yang sudah banyak dilestarikan oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Tanaman yang memiliki nama Catharanthus roseus ini juga dapat tumbuh liar di pekarangan rumah. Meski begitu, jangan pernah anggap remeh tanaman yang satu ini, sebab hampir seluruh bagian dari tapak dara memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Daun tapak dara diketahui memiliki kandungan alkaloid yang terdiri dari vinblastin dan vinkristin. Kedua senyawa ini berbentuk antineocristine yang mampu menumpas sel kanker. Tak hanya itu, bunga dan batang dari tanaman ini memiliki kandungan alkoloida catharantine yang ber[eran sebagai anti-kanker. Oleh sebab itu, tanaman ini dapat dijadikan sebagai obat herbal untuk mencegah dan mengobati kanker.

  • Kunyit


Kunyit dikenal sebagai tanaman atau jenis rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Kunyit sendiri memiliki kandungan kurkumin yang dikenal memiliki khasiat yang luar biasa sebagai obat tradisional, salah satunya sebagai obat herbal kanker.

Kandungan kurkumin yang ada di dalam kunyit diketahui dapat membantu menghambat penyebaran sel-sel kanker dan membantu meningkatkan sensitivitas tumor terhadap obat kemoterapi.


Disqus Comments