Monday, February 17, 2020

Pengobatan yang Tepat untuk Pembengkakan Kelenjar Getah Bening


Pengobatan Kelenjar getah Bening. Pembengkakan kelenjar getah bening merupakan kondisi di mana terjadi pembengkakan pada gumpalan jaringan kecil yang berbentu bulat, serta terdapat di seluruh bagian tubuh manusia, yang disebut dengan kelenjar getah bening.

Pembengkakan tersebut umumnya disebabkan oleh infeksi atau akibat dari penggunaan obat-obatan tertentu yang memberikan efek samping berupa pembengkakan pada kelenjar getah bening. Pembengkakan kelenjar getah bening biasanya akan mengecil atau menghilang dengan sendirinya seiring meredanya infeksi dan berhenti mengonsumsi obat yang memicu pembengkakan tersebut. 

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kelenjar getah bening tersebar di seluruh bagian tubuh, dan terhubung melalui jaringan pembuluh getah bening. Namun, hanya ada beberapa bagian dari kelenjar getah bening yang dapat teraba, seperti pada leher, ketiak, bawah dagu, dan sela paha.

Lantas, apa fungsi kelenjar getah bening bagi tubuh? Kelenjar getah bening atau yang juga dikenal sebagai kelenjar limfa memiliki peran yang sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh manusia. Pasalnya, kelenjar getah bening merupakan bentuk pertahanan yang siap untuk mengatasi berbagai macam infeksi pada tubuh. Meski begitu, kelenjar getah bening juga rentan terhadap gangguan kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang kerap terjadi adalah pembengkakan kelenjar getah bening, yang biasanya terjadi akibat infeksi virus atau bakteri. Lalu, apakah pembengkakan kelenjar getah bening merupakan suatu hal yang wajar, atau justru merupakan kondisi yang berbahaya seperti kanker?

Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Perlu Anda ketahui bahwa pembengkakan kelenjar getah bening tidak selalu disebabkan oleh kanker limfoma. Pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat disebabkan karena hal lain, di antaranya adalah :
  • Infeksi

Beberapa jenis infeksi yang seringkali menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar getah bening adalah infeksi saluran nafas bagian atas atau sakit tenggorokan, infeksi gigi, infeksi telinga, campak, infeksi kulit, moonucleosis, HIV, hingga penyakit infeksi lain yang jarang terjadi, seperti tuberkulosis (tbc), penyakit menular seksual (sifilis), dan infeksi akibat cakaran atau gigitan kucing.
  • Gangguan sistem kekebalan tubuh

Pembengkakan kelenjar getah bening akibat gangguan imunitas umumnya terjadi pada penderita lupus, rematoid artritis, dan lain sebagainya.
  • Pengaruh obat-obatan

Pembengkakan kelenjar getah bening juga dapat disebabkan oleh penggunaan obat-obatan. Beberapa jenis obat yang dapat memicu pembesaran kelenjar getah bening antara lain adalah allopurinol, atenol, tegretol, captopril, penicilli, apresoline, dan lain sebagainya.

Pengobatan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pengobatan untuk pembengkakan kelenjar getah bening sendiri, umumnya disesuaikan dengan penyebab dan lokasi pembengkakan kelenjar getah bening tersebut. Selain itu, kondisi pasien secara umum juga menjadi pertimbangan dalam pemilihan pengobatan.

Apabila pembengkakan terjadi akibat infeksi, maka biasanya dokter akan memberikan antibiotik, seperti amoxicillin. Apabila pembengkakan terjadi akibat gangguan imunitas, maka pasien dapat mengonsumsi obat imunosupresif. Sementara itu, jika penyebab pembengkakan adalah kanker, maka metode penobatan yang tepat untuk dilakuan adalah kemoterapi, radioterapi, atau operasi.



Disqus Comments