Monday, February 24, 2020

Gaya Hidup Sehat untuk Menghindari Penyakit Kanker Tulang


Pencegahan Kanker Tulang. Kanker tulang merupakan salah satu masalah kesehatan serius yang terjadi pada tulang. Kondisi ini dapat terjadi pada siapa pun tanpa memandang usia, baik itu pada anak-anak maupun orang dewasa. Kanker tulang juga dapat menyerang bagian tubuh mana pun di dalam tubuh. Namun, bagian tubuh yang paling rentan terkena kanker tulang adalah lengan, panggul, dan tungkai.

Kanker tulang termasuk jenis kanker yang jarang terjadi, yakni hanya sebesar 1% dari penderita kanker di seluruh dunia. Sementara itu, kanker tulang pada anak mendapati angka yang lebih tinggi, yakni 3% dari seluruh kasus kanker pada anak.Hal ini disebabkan karena, tumor yang terbentuk pada tulang kaki lebih banyak yang bersifat jinak daripada yang bersifat ganas atau kanker.

Penyebab Kanker Tulang

Sebenarnya, penyebab pasti dari kanker tulang sendiri masih belum diketahui hingga saat ini. Namun, kondisi ini diduga dapat dipicu akibat adanya perubahan atau mutasi pada gen pengendali pertumbuhan sel. Mutasi ini dapat menyebabkan sel tumbuh secara tak terkendali, sehingga pada akhirnya akan membentuk tumor pada tulang.

Faktor Risiko Kanker Tulang

Selain penyebab di atas, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita kanker tulang. Di antaranya adalah :

  • Menderita kelainan genetik yaitu sindrom Li-Fraumeni.
  • Paparan radiasi, akibat pernah menjalani pengobatan radioterapi.
  • Pernah menderita hernia umbilikalis.
  • Pernah menderita kanker mata, atau yang disebut retinoblastoma, sewaktu kecil.
  • Menderita penyakit Paget, yakni kondisi di mana tulang menjadi lemah.

Gejala Kanker Tulang

Berikut ini adalah beberapa gejala utama yang dapat dirasakan penderita kanker tulang, yaitu :
  • Nyeri pada area tulang yang terkena kanker, yang akan semakin menjadi seiring dengan pertumbuhan kanker.
  • Pembengkakan dan peradangan di area sekitar tulang yang terkena kanker.
  • Tulang menjadi lebih rapuh, dan apabila semakin parah dapat menyebabkan tulang patah.

Jenis Kanker Tulang

Berikut ini adalah jenis-jenis kanker tulang yangperlu Anda ketahui :
  • Osteosarcoma, yakni jenis kanker tulang yang paling umum. Jenis kanker tulang ini berkembang di sel tulang lengan, tungkai, dan panggul.
  • Sarkoma Ewing, merupakan jenis kanker yang umumnya berkembang pada tulang panggul, tulang paha, dan tulang kering.
  • Chondrosarcoma, merupakan jenis kanker tulang yang berkembang di sel tulang rawan pada bagian bahu, lengan atas, rusuk, panggul, dan paha.
  • Chordoma, yakni jenis kanker tulang yang umumnya tumbuh di dasar tulang tengkorak atau tulang belakang.
  • Tumor sel raksasa pada tulang, yakni jenis kanker tulang yang seringkali menyerang tulang lengan dan tulang tungkai di dekat lutut.

Pengobatan Kanker Tulang

Pengobatan kanker tulang sendiri akan tergantung pada tingkat keparahan, lokasi, dan juga jenis kanker yang diderita. Penanganan kanker tulang umumnya dapat dilakukan dengan operasi (pengankatan tulang atau amputasi), kemoterapi, atau radioterapi.

Pencegahan Kanker Tulang

Sebenarnya, mencegah kanker tulang bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Pencegahan bisa diawali dengan menghindari gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, makan makanan bergizi, mencukupi kebutuhan nutrisi sekari-hari, dan olahraga secara teratur. Sebab, pada dasarnya agar dapat terhindar dari penyakit, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat sejak dini.

Disqus Comments