Thursday, February 6, 2020

Benarkah asap rokok yang baru mati lebih berbahaya?


Mengapa asap rokok yang baru mati mengandung 3 kali lipat bahan pemicu kanker? Merokok bukan lagi hal yang asing saat ini, munkin hampir setiap hari kita terapapar asap rokok. Tidak hanya perokok, tetapi Anda yang terpapar asap rokok pun dapat terkena dampaknya terhadap kesehatan yang cukup signifikan. Paparan asap rokok yang dihirup rupanya dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru dan gangguan jantung sebanyak 30 persen.

Perlu Anda ketahui bahwa asap rokok diduga menjadi bagian paling berbahaya dari rokok, sebab asap rokok mengandung zat yang lebih berbahaya ketimbang asap yang dihirup oleh perokok. Jika Anda sering terpapar asap rokok, maka tubuh Anda juga menyerap nikotin, tar, karbonmonoksida dan zat berbahaya lainnya. Selain itu, asap rokok juga mengandung lebih dari 4000 senyawa kimia, di mana 250 di antaranya dikenal sangat beracun. Bahkan, lebih dari 50 di ataranya dapat memicu terjadinya kanker.

Benarkah asap rokok yang baru mati mengandung 3 kali lipat bahan pemicu kanker?

Hal tersebut memang benar, bahwa asap rokok yang baru mati dapat mengandung 3 kali lipat bahan pemicu kanker di udara, serta 50 kali mengandung bahan yang dapat mengiritasi mata dan pernapasan. Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa ada 4000 jenis bahan kimia di dalam rokok, dengan 40 di antaranya bersifat karsinogenik alias dapat memicu terjadinya kanker. Selain itu, zat berbahaya pada rokok seperti karbon monoksida (CO), terdapat 5 kali lipat lebih banyak pada asap rokok yang dihirup perokok pasif dibandingkan mereka perokok aktif. Bahan-bahan lainnya, seperti benzopiren 3 kali, dan amoniak 50 kali juga dapat bertahan hingga beberapa jam lamanya di dalam ruangan atau udara setelah rokok berhenti.

Ingat, bahwa rokok merupakan faktor risiko yang dapat memicu sekurang-kurangnya 25 jenis penyakit, seperti kanker , penyakit saluran pernapasan kronik, strok, jantung, kemandulan, cacat janin, keguguran, bronkitis, osteoporosism emfisima, kerusakan mata, otot lemah, penyakit ulser peptic, penyakit mulut, dan putur haid awal.

Dengan mengetahui seberapa berbahaya asap rokok bagi kesehatan Anda, maka dari itu, sebaiknya bagi Anda yang perokok membiasakan diri untuk berhenti, demi kebaikan tubuh dan lingkungan di sekitar Anda. Dan pada perokok pasif, sebaiknya Anda menghindari paparan asap rokok sebisa mungkin.

https://lingshenyao.id/kanker-paru/
Disqus Comments