Tuesday, January 7, 2020

Mulut Rahim Ada Benjolan Kecil seperti Jerawat, Ini Penyebabnya


Mulut rahim ada benjolan kecil seperti jerawat, merupakan hal yang mengkhawatirkan. Pasalnya, rahim sendiri merupakan organ yang erat kaitannya dengan kehamilan atau kesuburan wanita. Benjolan yang muncul di mulut rahim juga seringkali dikaitkan dengan penyakit kanker serviks, sehingga tak jarang membuat penderita frustasi. Padahal, belum tentu kondisi tersebut merupakan pertanda dari penyakit ganas tersebut. Maka dari itu, penting bagi Anda para wanita untuk mengetahui penyebab munculnya benjolan di mulut rahim, dan kondisi yang mendasarinya.
Meskipun dalam sebagian besar kasus benjolan di mulut rahim tidak berbahaya, akan tetapi benjolan ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Demi kesehatan tubuh secara keseluruhan, Anda harus segera memeriksa dan mendapat penanganan yang tepat sesegera mungkin.
Beikut ini beberapa kondisi yang memungkinkan munculnya benjolan di sekitar mulut rahim, yaitu :

  • Kista Nabothi

Salah satu penyebab munculnya benjolan di sekitar mulut rahim adalah kista nabothi. Kista nabothi merupakan kista berisi cairan kuning atau putih dari kelenjar rahim, yang tumbuh di sekitar mulut rahim. Benjolan ini bisa muncul lebih sari satu dengan ukuran yang bervariasi, bahkan bisa mencapai ukuran diameter 4 cm.
Penyebab kista nabothi adalah adanya penyumbatan pada kelenjar penghasik lendir serviks. Kondisi ini dapat memicu munculnya benjolan-benjolan kecil berwarna putih pada permukaan jaringan serviks.

  • Kondiloma Akuminata


Penyebab lain dari munculnya benjolan di sekitar mulut rahim adalah kondiloma akuminata. Benjolan ini juga dikenal denan kutil kelamin dan umumnya berukuran kecil. Meskipun begitu, benjolan ini juga dapat berkembang hingga menyerupai bentuk kembang kol. Munculnya kondiloma akuminata di mulut rahim umumnya disebabkan oleh salah satu jenis virus HPV (Human Pappilomavirus).

  • Polip Rahim


Selain kista nabothi, munculnya benjolan di sekitar mulut rahim juga dapat disebabka karena polip rahim. Polip rahim memiliki bentuk lonjong dan dapat timbul satu maupun beberapa benjolan. Umumnya, polip yang bersarang di rahim bersifat jinak, sehingga kecil kemungkinan polip rahim untuk dapat berkembang menjadi kanker rahim.
Kemungkinan penyebab munculnya polip rahim adalah adanya peningkatan kadar hormon estrogen, perubahan hormonal pada wanita, dan juga peradangan pada serviks.

  • Kanker Serviks


Terakhir, hal yang perlu Anda waspadai dari benjolan di sekitar mulut rahim adalah kanker serviks. Yap! sebab bisa jadi munculnya benjolan tersebut merupakan pertanda adanya kanker serviks yang juga disebabkan oleh infeksi virus HPV.
Untuk mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker serviks, penting bagi Anda sebagai wanita, untuk melakukan pap smear secara teratur sesuai anjuran dokter.
Disqus Comments