Thursday, January 23, 2020

Makanan yang Baik untuk Dikonsumsi Penderita FAM Payudara


Makanan untuk Penderita FAM Payudara. Fibroadenoma mammae (FAM) adalah tumor jinak yang tumbuh di payudara wanita. Penyakit ini terbentuk akibat adanya kelainan pada pertumbuhan jaringan, yakni pembentukan jaringan fibrous stroma dan proliferasi epitel lobulus.

Tumor jinak yang tumbuh di payudara memang tidak berbahaya seperti halnya kanken payudara. Penyakit fibroadenoma mammae bisa bertumbuh, namun memiliki pertumbuhan yang cenderung lambat dan tidak akan menyerang atau menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Fibroadenoma mammae sendiri memiliki tekstur yang cukup kenyal saat diraba. Dalam kebanyakan kasus fibroadenoma mammae tidak menimbulkan rasa nyeri ketika disentuh, walaupun terkadang dapau menimbulkan rasa sakit.

Penyakit ini sering ditemukan pada wanita dengan usia kisaran 15 hingga 35 tahun. Ada wanita yang mengalami penyakit tumor mamae ini secara tunggal, yaitu hanya pada salah satu sisi payudara. Namun, ada juga wanita yang justru mengalami penyakit ini pada kedua sisi payudara.

Penyebab Fibroadenoma Mammae

Penyebab terbentuknya fibroadenoma mammae sendiri, hingga saat ini masih belum diketahui secara pasti. Namun, kondisi ini sangat erat kaitannya dengan perubahan hormon estrogen pada wanita.

Pasalnya, erubahan pada hormon estrogen tersebut dapat membuat sel-sel di dalam jaringan payudara tumbuh secara abnormal. Hal ini dapat memicu terbentuknya benjolan kecil di payudara yang disebut dengan fibroadenoma mammae atau penyakit FAM.

Makanan Pencegah Penyakit FAM

Meskipun fibroadenoma mammae tidak seberbahaya kanker, namun ada baiknya jika Anda melakukan upaya pencegahan guna menurunkan risiko terjadinya penyakit FAM. Salah satu cara mencegah FAM adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut.
  • Ikan laut

Ikan laut, seperti salmon, mackerel, dan sarden merupakan jenis ikan yang paling disarankan untuk dikonsumsi. Hal ini disebabkan karena, ikan laut merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik. Selain dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh, omega 3 juga dapat membantu Anda dalam mencegah penyakit FAM, bahkan juga dapat mencegah terjadinya kanker payudara.

  • Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau, seperti brokoli, bayam, asparagus, kol hijau, dan lobak cenderung memiliki kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Dengan begitu, sayuran hiijau dapat membantu mencegah penyakit-penyakit yang menyerang tubuh, termasuk kanker payudara.
  • Makanan yang mengandung karotenoid

Karotenoid merupakan zat yang memberikan warna oranye, merah, atau kuning pada sayuran dan buah. Makanan dengan kandungan karotenoid merupakan makanan pencegah kanker payudara yang baik, sebab mengandung vitamin A, beta-karoten, lutein, dan likopen. Semua bahan ini dipercaya ampuh dalam melawan zat-zat radikal bebas pemicu kanker.

Makanan dengan kandungan karotenoid yang berpotensi mencegah kanker antara lain adalah wortel, tomat, aprikot, ubi jalar, dan kol.

  • Biji-bijian utuh


Jarang diketahui, ternyata biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, jagung, beras hitam, dan sorgum juga dapat membantu mencegah tumor dan kanker payudara. Pasalnya, makanan berupa biji-bijian utuh mengandung karbohidrat kompleks, vitamin, serat, fitokimia, dan mineral yang berpotensi sebagai pecegah kanker payudara.

Disqus Comments