Thursday, January 9, 2020

Makanan yang Baik dan Tidak Baik untuk Penderita Kista Ginjal


Larangan Makanan untuk Penderita Kista Ginjal. Kista ginjal merupakan kondisi di mana munculnya kantong bundar atau benjolan berisi cairan yang terbentuk di dalam ginjal. Jenis kista ini harus segera diatasi, sebab apabila dibiarkan dapat merusak fungsi ginjal. Umumnya, kista ginjal hanya memengaruhi salah satu bagian ginjal. Namun, dalam beberapa kasus, kista juga dapat memengaruhi kedua ginjal. Kista ginjal sendiri jarang disadari keberadaannya oleh penderita, dan biasanya baru akan terdeteksi selama tes pencitraan untuk memeriksa kondisi medis lain.

Penyebab kista ginjal sendiri masih belum diketahui dengan pasti. Namun, terdapat satu teori yang menunjukan bahwa kista pada ginjal terbentuk dan berkembang ketika lapisan permukaan ginjal melemah, sehingga membentuk kantong. Kantong tersebut kemudian diisi dengan caciran dan berkembang menjadi kista.

Selain itu, kista ginjal umumnya juga tidak menimbulkan gejala. Apabila kista tumbuh dalam ukuran yang cukup besar, maka dapat menimbulkan gejala berupa sakit perut bagian atas, sakit punggung, hingga demam.

Makanan Pantangan untuk Penderita Kista Ginjal

Sebenarnya, kista ginjal tidak perlu diobati apabila ukurannya tidak cukup besat. Namun, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan agar kista tidak semakin membesar. Salah satu cara untuk mencegah kondisi kista semakin memburuk adalah dengan mengatur pola makan.

Ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh pengidap gangguan ginjal, termasuk kista ginjal. Diantaranya adalah :

  • Makanan yang mengandung fosfor tinggi, seperti susu dan produk olahan susu (keju, es krim, yogurt), gandum, biskuit, daging olahan, cokelat, kacang-kacangan, dan minuman bersoda.
  • Makanan yang mengandung kalium tinggi, seperti pisang, alpukat, jeruk, kiwi, kentang, tomat, labu, ubi, dan lain-lain.
  • Makanan dengan kadar garam atau natrium tinggi.

Selain itu, penderita gangguan ginjal juga tidak dianjurkan untuk  membatasi asupan cairan di dalam tubuh. Lantas, makanan apa saja yang baik untuk penderita kista ginjal?

Baca Juga : Cara Mengobati Kista dengan OBAT HERBAL

Makanan yang Baik untuk Penderita Kista Ginjal

Makanan yang baik dikonsumsi oleh penderita kista ginjal antara lain adalah :

  • Bawang Putih

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa penderita kista ginjal harus membatasi asupan makanan dengan kadar garam tinggi. Untuk mengatasi masalah tersebut, bawang putih dapat dijadikan solusi. Pasalnya bawang putih dapat menambahkan cita rasa dan juga memberikan nutrisi yang baik. Bawang putih mengandung vitamin B6, vitamin C, mangan, dan senyawa sulfur yang memiliki sifat anti-inflamasi.

  • Putih Telur

Meskipun bagian kuning telur dinilai sangat bergizi, namun kandungan fosfor yang ada didalamnya cukup tinggi, sehingga tidak dianjurkan untuk penderita kista ginjal. Alih-alih kuning telur, penderita kista ginjal masih bisa mengonsumsi putih telur. Pasalnya, bagian putih pada telur merupakan sumber protein yang berkualitas dan ramah untuk ginjal.

  • Dada Ayam Tanpa Kulit
Protein merupakan asupan yang paling dibutuhkan oleh penderita kista ginjal. Dalam hal ini, dada ayam dapat dijadikan sumber protein yang baik. Namun sebaiknya dada ayam tersebut dikonsumsi tanpa kulit. Pasalnya, dada ayam tanpa kulit mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium dari pada daging ayam yang masih ada kulitnya.

https://lingshenyao.id/obat-herbal-kista/
Disqus Comments