Monday, January 20, 2020

Pengobatan yang Dibutuhkan Penderita Tumor Payudara Jinak


Cara Alami Mengobati Tumor Jinak di Payudara. Tumbuhnya benjolan di payudara memang kerap membuat wanita panik dan khawatir akan terjadinya sesuatu yang membahayakan nyawa. Padahal, benjolan di payudara belum tentu berbahaya. Sebagian besar dari benjolan yang muncul di payudara tersebut sebenarnya merupakan tumor payudara yang bersifat jinak. Oleh sebab itu, penting bagi Anda, sebagai wanita, untuk mengetahui perbedaan antara tumor payudara jinak dan ganas, seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.
Tumor payudara jinak sendiri merupakan benjolan yang terbentuk di payudara, tidak terbentuk dari sel-sel ganas, dan tidak akan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Umumnya tumor jinak tidak membahayakan nyawa penderitanya.

Ciri-Ciri Tumor Payudara Jinak

Berikut ini ciri-ciri yang menunjukan bahwa benjolan di payudara merupakan tumor jinak :
  • Memiliki batasan yang jelas
Ciri-ciri benjolan di payudara yang menunjukan tumor jinak memiliki batas yang jelas dengan jaringan lain di sekitarnya. Sementara itu, tumor ganas tidak memiliki batasan yang jelas dengan jaringan di sekitarnya.
  • Mudah digerakkan
Benjolan yang terjadi akibat tumor payudara jinak umumnya bisa digerakkan dengan mudah. Namun, apabila tumor bersifat ganas atau kanker, maka benjolan tersebut tidak dapat digerakkan sama sekali, seperti menyatu dengan jaringan di sekitarnya.
  • Teksturnya kenyal dan lunak
Benjolan tumor payudara jinak memiliki tekstur yang kenyal dan lunak. Sedangkan, tumor payudara ganas pada kanker payudara akan terasa keras dan padat ketika diraba.

Jenis Tumor Payudara Jinak

Berikut ini adalah beberapa jenis tumor payudara jinak yang mungkin terjadi :
  • Fibroadenoma
Fibroadenoma merupakan jenis tumor payudara jinak yang paling umum dan paing sering terjadi pada wanita dengan kisaran usia 15-35 tahun. Kondisi ini terjadi akibat sel-sel di kelenjar dan jaringan ikat di payudara tumbuh secara berlebihan. Fibroadenoma diduga dapat terjadi akibat perubahan hormon estrogen di dalam tubuh wanita.
  • Fibrokistik
Apabila benjolan yang tumbuh di payudara Anda hilang dan timbul sesuai siklus menstruasi, maka kemungkinan Anda mengalami fibrokistik. Kondisi ini muncul akibat adanya perubahan hormonal yang terjadi selama siklus menstruasi. Umumnya, fibrokistik dialami oleh wanita dengan kisaran usia 20-50 tahun.
  • Kista Payudara
Kista payudara merupakan kantong tertutup atau benjolan berisi cairan yang terbentuk pada salah satu sisi maupun kedua sisi payudara. Benjolan ini bersifat jinak atau non-kanker, sehingga Ada tidak perlu terlalu panik dan khawatir.

Pengobatan Tumor Payudara Jinak

Dalam sebagian besar kasus, tumor payudara yang bersifat jinak cenderung tidak membutuhkan perawatan khusus, sebab dapat mengecil dan hilang dengan sendirinya. Sementara itu, prosedur medis atau operasi baru akan dibutuhkan jika tumor payudara semakin membesar dan menimbulkan gejala berupa nyeri yang cukup mengganggu.
Disqus Comments