Monday, December 9, 2019

Selain Ikan, Ini Dia 3 Makanan Sumber Omega-3


Sumber Omega 3 Nabati. Omega 3 merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhka oleh tubuh manusia dan tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3.

Omega 3 sendiri adalah lemak tak jenuh yang dibutuhkan untuk menyeimbangkan berbagai macam fungsi tubuh. Diantaranya adalah untuk menekan kadar lemak jenuh di dalam tubuh seperti kolesterol, agar tubuh terhindar dari risiko penyakit jantung dan stroke. Tak hanya itu, omega 3 juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak dan nafsu makan pada anak, sehingga masa tumbuh kembangnya berjalan dengan baik.

Biasanya, ketika membahas mengnai kandungan omega 3, kebanyakan orang akan menghubungkannya dengan konsumsi ikan. Pasalnya, ikan merupakan salah satu sumber omega 3 yang baik untuk tubuh. Namun, banyak orang yang enggan mengonsumsi ikan karena baunya yang cenderung amis dan duri-durinya yang dianggap mengganggu, sehingga mereka memilih untuk mengonsumsi berbagai macam suplemen minyak ikan yang diproduksi dan dijual bebas di pasaran.

Padahal, nyatanya asupan omega 3 tidak hanya dapat diperoleh dengan mengonsumsi ikan saja. Pasalnya ada beberapa sumber makanan nabati yang diperkaya akan omega 3. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang vegan dan vegetarian. Lantas, apa saja makanan tersebut?

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Ikan Lele bagi Ibu Hamil

Berikut ini beberapa makanan nabati yang mengandung omega 3 :

  • Kacang-Kacangan


Pada dasarnya, kacang merupakan salah satu makanan sumber protein nabati. Oleh sebab itu, para pecinta olahraga  kerap mengonsumsi kacang-kacangan guna membentuk otot mereka. Namun, dilain sisi, nutrisi yang terdapat pada kacang-kacangan tidak hanya bermanfaat untuk membentuk otot saja. Pasalnya, kacang-kacangan, seperti kacang merah, kacang kenari, dan kacang kedelai nyatanya memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi. Maka dari itu, mengonsumsi makanan olahan kedelai seperti tahu dan tempe pun juga dapat dijadikan solusi untuk mendapatkan asupan omega 3 di dalam tubuh,

  • Sayuran Hijau


Beberapa jenis sayuran hijau, seperti bayam, brokoli, dan kembang kol juga memiliki kandungan omega 3 yang cukup tinggi lhi! Hal ini tentunya menguntungkan Anda yang gemar mengonsumsi sayur-sayuran ini. Selain dapat disantap sebagai menu pendamping nasi, sayuran juga dapat diolah menjadi jus yang tentuya lebih segar dan nikmat.

  • Buah-Buahan


Siapa sangka jika buah-buahan juga dapat dijadikan makanan sumber omega 3? Beberapa jenis buah-buahan, seperti mangga, melon, dan buah beri memiliki kandungan omega 3 nabati yang baik untuk tubuh. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengonsumsi buah-buahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh.

https://lingshenyao.id/obat-kista-coklat/
Disqus Comments