Wednesday, December 18, 2019

Hati-Hati! Ini Dia Penyebab Napas Bau Busuk


Penyebab Nafas Bau BusukHalitosis atau bau mulut pada dasarnya bukanlah suatu masalah kesehatan yang gawat. Namun, kondisi ini termasuk dalam hal yang dapat membuat Anda risih dan tidak percaya diri ketika berbicara berhadapan dengan orang lain. 

Bau mulut biasanya merupakan dampak dari masalah yang terjadi pada mulut, gigi,dan gusi, serta  efek samping setelah mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau tidak sedap. Namun perlu Anda waspadai bahwa bau mulut akut dapat menunjukan kondisi dasar yang serius, muali dari obstruksi usus hingga gigi abses. Kondisi tersebut bahkan dapat menyebabkan nafas mengeluarkan bau busuk. Ada beberapa hal yang menyebabkan nafas bau busuk, yang akan dibahas dalam ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan nafas bau busuk :

·  Xerostomia atau Mulut Kering


Xerostomia merupakan kondisi dimana mulut mengalami kekeringan akibat adanya gangguan pada produksi air liur. Kondisi ini disebabkan oleh bakteri yang menumpuk di rongga mulut. 

Selain itu, mulut kering juga dapat disebabkan karena terlalu sering bernapas melalui mulut, seperti yang terjadi pada seseorang yang mengalami alergi, sehingga membuatnya harus bernapas melalui mulut. Hal inilah yang membuat mulut menjadi kering dan lebih mudah mengeluarkan aroma yang kurang sedap. 

Maka dari itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap saat, khususnya bagi Anda yang menderi alergi tertentu agar terhindar dari bau napas yang tidak segar.

  • Sinusitis


SInusitis juga merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan nafas mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Pasalnya, sinusitis dapat menghasilkan post nasal drip atau cairan kental dari rongga sius ke tenggorokan. Hal ini lah yang menyababkan nafas bau busuk.

·  Asam Lambung Tinggi


Bau mulut juga dapat disebabkan oleh kadar asam lambung yang tinggi. Oleh sebab itu, ketika asam lambung naik, maka Anda akan sering bersendawa dan terkadang disertai dengan bau yang tidak sedap. Aroma yang keluar hampir mirip dengan aroma asam cuka. Maka dari itu, hindari makanan-makanan yang memicu naiknya asam lambung, seperti kopi, alkohol, coklat, kayu manis, dan beberapa jenis makanan lainnya.

·  Obstruksi Usus


Obstruksi usus merupakan kondisi dimana usus, baik usus kecil maupun usus besar tersumbat dan tidak lagi dapat menyalurkan makanan yang dicerna ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan tinja menupuk, sehingga dapat menyebabkan napas Anda berbau busuk seperti kotoran. Jika sudah parah, seseorang bahkan dapat memuntahkan kotorannya.

·  Gigi Abses


Gigi abses merupakan kondisi yang terjadi akibat adanya infeksi yang parah pada gigi. Hal ini disebabkan karena pulpa di dalam gigi meluruh. Kondisi ini dapat memicu terjadinya infeksi bakteri yang dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, hingga bau mulut akut akibat penumpukan nanah.

Disqus Comments