Thursday, December 5, 2019

Kenali Penyebab Bau Mulut Ini


Parasit Penyebab Bau Mulut. Meskipun bukan merupakan masalah medis yang gawat, tetapi bau mulut merupakan hal yang membuat Anda risih dan tidak percaya diri ketika berbicara berhadapan dengan orang lain. Bau mulut atau halitosis biasanya merupakan efek samping setelah mengonsumsi makanan yang menyebabkan bau tidak sedap. Namun perlu Anda waspadai jika bau mulut yang tergolong akut dapat menunjukan suatu kondisi yang serius, muali dari obstruksi usus hingga gigi abses. Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami bau mulut akut. Apa saja itu? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini merupakan berbagai macam kondisi yang menyebabkan bau mulut :

  • Lidah Kurang Bersih


Lidah merupakan bagian mulut yang harus di jaga dan diperhatikan selain gigi. Namun, ebanyakan orang hanya fokus dalam membersihkan gigi saja. Padahal, membersihkan lidah juga sangat penting dilakukan setelah selesai menyikat gigi. Hal ini disebabkan karena, bakteri penyebab bau mulut pun dapat bertahan hidup dan berkembang biak di lidah.  Maka dari itu, jangan lupa untuk membersihkan lidah setiap hari.

  • Asam Lambung Tinggi


Selainkebersihan lidah, bau mulut juga dapat terjadi akibat kadar asam lambung yang tinggi. Sehingga, apabila asam lambung naik, maka Anda akan sering bersendawa dan terkadang disertai dengan bau yang tidak sedap. Aroma yang keluar hampir mirip dengan aroma asam cuka. Maka dari itu, hindari makanan-makanan yang memicu naiknya asam lambung, seperti kopi, coklat, alkohol, kayu manis, dan beberapa jenis makanan lainnya.

  • Mulut Kering


Mulut kering pada dasarnya disebabkan oleh kondisi tubuh yang kekurangan cairan (dehidrasi). Namun, ada kalanya mulut kering disebabkan karena Anda terlalu sering bernapas melalui mulut, seperti ketika seseorang mengalami alergi, sehingga membuatnya harus bernapas melalui mulut. Hal inilah yang membuat mulut menjadi kering dan lebih mudah mengeluarkan aroma yang kurang sedap. Maka dari itu, penuhi kebutuhan cairan tubuh setiap saat, khususnya bagi Anda yang menderi alergi tertentu agar terhindar dari bau napas yang tidak segar.

  • Konsumsi Makanan Beraroma Tidak Sedap


Ketika Anda mengonsumsi makanan yang berbau tak sedap, maka mulut Anda pun akan ikut mengeluarkan bau yang tidak sedap. Makanan yang menyebabkan bau mulut antara lain adalah, petai, jengkol, bawang putih, bawang merah, dan kopi.

  • Gigi Abses


Gigi abses merupakan infeksi parah yang terjadi pada gigi. Hal ini disebabkan karena pulpa di dalam gigi meluruh. Kondisi ini dapat memicu terjadinya infeksi bakteri yang dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, hingga bau mulut akut akibat penumpukan nanah.

  • Obstruksi Usus


Obstruksi usus merupakan kondisi dimana usus kecil atau besar tersumbat dan tak lagi dapat menyalurkan makanan yang dicerna ke seluruh tubuh. Hal ini dapat menyebabkan tinja menupuk, sehingga dapat menyebabkan napas Anda berbau seperti kotoran. Jika sudah parah, seseorang bahkan dapat memuntahkan kotorannya.

Disqus Comments