Thursday, December 19, 2019

Ini Dia Efek Minum Teh setelah Minum Obat


Minum Teh Setelah Minum Obat. Minum teh setelah minum obat memang dapat membantu menyamarkan rasa pahit dari obat tersebut, terutama jika yang diminum adalah teh manis. Padahal, sebenarnya mengonsumsi teh setelah minum obat tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

Obat-obatan sebaiknya dikonsumsi bersamaan dengan air putih, dibandingkan jenis minuman lainnya. Hal ini disebabkan karena, air putih pada dasarnya bersifat netral atau tidak mengandung zat apapun yang dapat mengganggu proses penyerapan zat yang ada pada obat-obatan yang dikonsumsi. Sementara itu, obat yang dikonsumsi berdekatan dengan teh atau minuman tertentu dapat menyebabkan terjadinya gangguan terhadap penyerapan obat.

Penyebab Minum Obat dengan Teh tidak Disarankan

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa teh memiliki kandungan kafein layaknya kopi. Kandungan kafein tersebut dapat berikatan atau berinteraksi dengan senyawa kimia pada obat di dalam sistem pencernaan, sehingga dapat menyebabkan obat yang Anda konsumsi menjadi sulit untuk dicerna. Bahkan, interaksi antara obat dengan kafein ini dapat menurunkan efektivitas kerja obat-obatan yang dikonsumsi.

Selain itu, kandungan kafein yang ada di dalam teh dapat merangsang sistem saraf pusat dengan mudah, sehingga menimbulkan rasa gugup, sulit berkonsentrasi, susah tidur, sakit perut, peningkatan denyut jantung, serta peningkatak tekanan darah. Kafein juga dapat menimbulkan efek samping yang menyebabkan kinerja obat dalam menyasar sumber penyakit terhambat.

Baca Juga : Apakah Obat yang Kedaluwarsa Masih Bisa Dipakai?

Ada beberapa obat yang sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi berdekatan dengan teh atau kafein. Diantaranya adalah :

  • Pil KB
  • Antibiotik
  • Antidepresan tertentu
  • Obat asma
  • Obat anti-kejang
  • anti-koagulan atau pengencer darah, seperti aspirin dan clopidogrel
  • Obat penenang golongan benzodiazepine
Tak hanya jenis teh biasa, namun mengonsumsi obat dalam waktu yang berdekatan dengan teh hijau pun dapat membahayakan kesehatan, sehingga tidak dianjurkan. Pasalnya, kandungan kafein yang terdapat dalam teh hijau cenderung lebih tinggi daripada kafein dalam teh jenis lainnya. Hal ini dapat menyebabkan jantung berdetak lebih cepat dan meningkatkan tekanan darah.



Selain teh, mengonsumsi obat-obatan dan susu dalam waktu yang berdekatan juga tidak dianjurkan. Sebab, susu sendiri memiliki sifat untuk menetralisir racun, sehingga pengaruh obat terhadap penyakit yang diderita pun tidak maksimal. Mengonsumsi obat dan susu secara berdekatan juga dapat menimbulkan efek samping berupa mual, iritasi lambung, dan gangguan pencernaan lainnya.

Setidaknya beri jarak 2 sampai 3 jam setelah minum obat, untuk mengonsumsi teh, kopi, susu, dan minuman sejenis lainnya.

Disqus Comments