Monday, December 2, 2019

Inilah 4 Akibat Kurang Minum Air Putih


Kurang minum air putih merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh. Namun, nyatanya masih banyak orang yang mengabaikan kondisi ini. Lantas, apa bahaya kurang minum bagi kesehatan? Simak selengkapnya pada ulasan di bawah ini.

Masih banyak orang yang menyepelekan rasa hausnya. Merka cenderung akan minum setelah mereka merasa benar-benar haus. Bahkan, masih banyak orang yang menyepelekan akibat kurang minum air putih untuk kesehatan tubuh mereka sendiri. Padahal, pakar kesehatan telah sepakat dan menyarankan agar setiap orang mengonsumsi air putih, setidaknya dua liter dalam sehari. Hal ini merupakan jumlah ideal agar tubuh tidak kekurangan cairan dan fungsi tubuh secara keseluruhan tidak terganggu. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja akibat yang dapat ditimbulkan ketika seseorang kurang minum air putih.

Berikut ini beberapa hal yang dapat terjadi ketika tubuh Anda kekurangan cairan :

  • Dehidrasi


Dehidrasi merupakan kondisi paling umum yang dapat terjadi ketika Anda kurang minuam air putih. Kondisi ini tidak hanya menyebabkan haus berat dan mulut menjadi kering, tetapi juga dapat menyebabkan tubuh Anda terasa lelah, lemas, sulit berkonsentrasi, hingga warna air seni (urin) yang berubah menjadi lebih gelap.

  • Sembelit


Selain dehidrasi, kondisi yang sering terjadi ketika tubuh kekurangan cairan adalah susah buang air besar (sembelit). Sebab, pada dasarnya air yang Anda minum akan berpengaruh terhadap proses penyerapan makanan dan pembentukan kotoran di dalam usus. Oleh sebab itu, kurang minum air putih dapat menyebabkan sembelit, lanataran tekstur tinja yang keras dan sulit untuk dikeluarkan. Jika hal ini dibiarkan secara terus-menerus, maka akan meningkatkan risiko terjadinya ambeien (wasir) dan pendarahan rektum.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Menurun


Kurang minum air putih juga menyebabkan cairan dalam bentuk urine keluar dengan jumlah yang jauh lebih sedikit dibandingkan biasanya. Hal ini tentunya bukan merupakan hal yang sepele, sebab juga dapat berpengaruh besar terhadap seberapa besar atau banyak racun dan sampah-sampah berbahaya yang dapat dikeluarkan oleh tubuh. Pasalnya, Jika racun tersebut tidak dibuang dengan benar, maka dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh terganggu, sehingga Anda akan lebih mudah terserang penyakit.

  • Menyebabkan Bau Mulut


Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa kurang minum dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Hal ini ternyata dapat menjadi penyebab mulut menjadi beraroma kurang sedap. Dengan mengonsumsi segelas air putih secara rutin, maka dapat membuat suasana di dalam mulut menjadi lebih basah, menjaga aliran air liur, serta membersihkan bakteri jahat yang bersarang mulut yang menyebabkan napas berbau tak sedap.

Disqus Comments