Sunday, December 29, 2019

Penyebab Munculnya Kista pada Jantung


Kista Jantung. Baru-baru ini dunia media sosial dihebohkan dengan foto yang menunjukan jantung seseorang dipenuhi dengan benjolan putih yang disebut dengan kista. Kondisi ini diduga akibat penderita kerap mengonsumsi daging babi yang kurang matang. Selain itu, kondisi ini juga menimbulkan gejala berupa detak jantung yang tidak beraturan, dan terkadang justru tidak menimbulkan gejala apapun.

Apa Itu Kista ?

Kista sendiri merupakan kantung berisi cairan  cairan yang terbentuk secara abnormal di bagian tubuh manapun, diantaranya organ, tulang, dan jaringan lunak. Selain itu, kista juga dapat dialami oleh semua orang tanpa memangdang usia. Meskipun tidak bersifat ganas, kista dapat menyebabkan komplikasi serius, hingga keracunan darah.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis kista, yang umumnya tidak berbahaya (jinak) atau non-kanker. Meskipun begitu, Anda tidak bisa membiarkan kondisi ini begitu saja, sebab kista dapat menjadi masalah serius apabila tidak segera ditangani.

Jenis kista yang umum ditemukan, antara lain adalah kista ovarium, kista payudara, kista ginjal, kista dermoid, kista epidermoid, kista ganglion, kista pilonidal, dan kista kalazion (kista yang terjadi di kelopak mata).

Terbentuknya kista dapat terjadi akibat beberapa kondisi, seperti infeksi, kelainan genetik, penyumbatan saluran tubuh, peradangan kronis, kelainan pada sel tubuh, kelainan dalam perkembangan embrio, cedera, tumor, dan penyebab lainnya tergantung dengan jenis kista yang dialami.

Bahaya Kista

Selain benjolan di kulit, kista juga dapat tumbuh sebagai benjolan di dalam organ tubuh Anda. Kondisi ini umumnya tidak dapat dirasakan, namun dapat menimbulkan berbagai macam gejala yang berhubungan dengan organ tempat kista tersebut tumbuh.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mewaspadai adanya penyakit kista. Pasalnya, kista jinak yang tidak segera diatasi dapat menyebabkan komplikasi serius yang akan merugikan kesehatan Anda. Dalam beberapa kasus kista, seperti kista ovarium, apabila tidak segera ditagani dapat bersifat ganas atau bahkan dapat berkembang menjadi kanker.

Baca Juga : Cara Mengobati Kista Ovarium TANPA OPERASI

Apakah Kista Perlu Dioperasi?

Pada dasarnya, tidak setiap kista memerlukan tindakan operasi, hanya kista yang menyebabkan gangguan berat atau yang berpotensi membahayakan kesehatan tubuh saja. Pertimbangan untuk melakukan tindak operasi juga bergantung terhadap seberapa besar ukuran, lokasi tumbuhnya, dan apakah ada infeksi pada kista tersebut.

Maka dari itu, untuk menentukan apakah kista yang tumbuh di tubuh Anda memerlukan tindak operasi atau tidak, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

https://lingshenyao.id/obat-kista-bartholin/
Disqus Comments