Sunday, December 1, 2019

Ini Dia Penyebab dan Gejala Kanker Prostat di Usia Muda


Gejala Kanker Prostat pada Usia Muda. Terjadinya kanker prostat di usia muda nyatanya bukan hal yang asing lagi. Hal ini menunjukan bahwa dugaan kanker prostat yang hanya dialami oleh pria usia 50 tahun ke atas ternyata salah. Meskipun memang sebagian besar pria yang didiagnosis kanker prostat berada pada rentang usia 50 tahun keatas, namun faktanya 10% kasus kanker prostat juga terjadi pada mereka yang berusia di bawah 50 tahun.

Apa itu kanker prostat? Kanker prostat sendiri merupakan kondisi di mana terjadinya pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali di dalam kelenjar prostat. Sementara prostat merupakan kelenjar kecil di bagian panggul pria yang termasuk kedalam bagian dari sistem reproduksi.

Prostat berada tepat di bagian bawah kandung kemih di depan rektum yang mengelilingi utera, yakni saluran pembawa urin dari kandung kemih ke organ intim pria. Fungsi prostat adalah untuk membantu menghasilkan cairan yang beguna untuk menyuburkan serta melindungi sperma.

Apabila terjadi ejakulasi (sperma keluar), maka prostata akan mengeluarkan cairan menuju utera, dan akan keluar bersamaan dengan sperma sebagai cairan semen. Oleh sebab itu, ada baiknya apabila semua pria memahami penyebab terjadinya kanker prostat.

Gejala Kanker Prostat

Berikut ini adalah gejala awal kanker prostat :

  • Buang air kecil menjadi lebih sering, terutama di malam hari.
  • Adanya desakan kuat untuk buang air kecil.
  • Tidak mampu buang air kecil.
  • Mengalami kesulitan dalam memulai atau menghentikan aliran urin.
  • Aliran urin lemah dan putus-putus.
  • Rasa terbakar atau nyeri saat buang air kecil.
  • Terdapat darah pada urin atau air mani.
  • Merasa bahwa kandung kemih belum sepenuhnya kosong.
  • Rasa sakit saat mengalami ejakulasi.

Penyebab Kanker Prostat

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya kanker prostat pada usia muda. Diantaranya adalah :

  • Faktor Turunan


Terjadinya kanker prostat di usia muda, salah satunya dapat disebabkan oleh faktor genetik atau turunan, yakni di mana salah seorang anggota keluarga pria memiliki riwayat penyakit kanker prostat. Jika hal ini terjadi, maka risiko terjadinya kanker prostat pun akanlebih besar pada anggota keluarga pria yang lebih muda.

  • Obesitas

Obesitas (kegemukan) merupakan kondisi di mana berat badan seseorang telah melampaui batas normal. Kondisi ini juga menjadi salah satu pemicu terjadinya kanker prostat di usia dini. Hal ini disebabkan karena, obesitas akibat mengonsumsi makanan berlebihan dapat memperbesar kemungkinan terjadinya kanker prostat.

Baca Juga : Obat Kanker Prostat Herbal Teregistrasi BPOM

  • Mengonsumsi Jenis Makanan Tertentu


Selain obesitas, kebiasaan konsumsi makanan tertentu juga dapat menyebabkan risiko terjadinya kanker prostat meningkat. Makanan tersebut adalah makanan yang mengandung lemak tinggi seperti makanan cepat saji (junk food) atau makanan yang digoreng.

  • Terlalu Sering Melakukan Hubungan Intim


Para pria yang berada pada rentang usia 20 sampai 30 tahun memiliki risiko terkena kanker prostat dua kali lipat, ketika terlalu sering melakukan hubungan intim.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-prostat/
Disqus Comments