Sunday, December 8, 2019

Ciri-Ciri Masuk Angin dan Cara Menyembuhkannya


Ciri Masuk Angin. Masuk angin merupakan suatu kondisi yang dapat terjadi pada siapa saja. Biasanya, kondisi ini marak terjadi ketika musim penghujan tiba. Selain tu, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh udara dingin, kurang tidru, begadang, kurang istirahat, lembur di kantor, dan kehujanan. Kurangnya menjaga asupan makanan juga dapat menjadi salah satu penyebab terjadinya masuk angin.

Meskipun istilah masuk angin sudah dikenal masyarakat secara turun-temurun, namun sebenarnya istilah tersebut tidak ada di dalam dunia medis. Ciri-ciri masuk angin antara lain adalah badan terasa tidak enak, meriang, kedinginan, sakit kepala, tubuh terasa lemas, nyeri otot, hingga hilangnya nafsu makan.

Tak hanya itu, masuk angin juga dapat ditandai dengan suhu tubuh yang terasa hangat (demam), sakit perut, perut kembung, pegal-pegal, sering buang angin dan berbau, serta diare. Pada dasarnya, gejala yang terjadi saat mengalami masuk angin tidak berbeda jauh dengan gejala flu, namun penyebab pastinya masih belum diketahui.

Masuk angin tentunya membuat Anda merasa tidak nyaman dan dapat mengganggua aktifitas sehari-hari. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab masuk angin dapat diatasi dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah. Diantaranya adalah :

  • Jahe


Jahe merupakan salah satu tumbuhan herbal yang kerap digunakan sebagai bahan pengobatan alami, termasuk mengobati masuk angin. Pasalnya, jahe dikenal dengan manfaatnyaa yang berguna untuk menghangatkan tubuh. Jika Anda mengalami masuk angin, maka jahe dapat dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung dan melancarkan sirkulasi darah.

Cara membuat ramuan jahe untuk mengatasi masuk angin pun cukup mudah. Pertama-tama sediakan jahe secukupnya, kemudian parut. Setelah itu, rebus jahe hingga mendidih, lalu saring serabutnya. Setelah itu, Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe tersebut dalam kondisi hangat. Anda juga dapat menambahkan madu atau gula merah sesuai selera agar rasanya lebih nikmat.

  • Bawang Putih


Selain jahe, bawang putih juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mengobati masuk angin. Hal ini disebabkan karena, bawang putih memiliki kandungan alisin yang tinggi, dimana kandungan tersebut berperan sebagai antibiotik alami yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan juga virus di dalam tubuh.

  • Kencur

Meskipun kebanyakan orang menggunakan kencur sebagai obat batuk, namun nyatanya bumbu dapur yang satu ini juga ampuh dalam mengatasi masuk angin. Caranya adalah, siapkan kencur sebesar Ibu jari dan juga satu sendok teh garam. Setelah itu, kupas dan cuci kencur sampai bersih. Parut kencur, lalu campurkan dengan garam hingga merata, kemudian makan dengan mendorongnya dengan air putih. Minum ramuan ini sebanyak dua kali untuk mengusir angin di dalam tubuh.

Disqus Comments