Sunday, December 22, 2019

Berbagai Jenis Alergi pada Kulit Bayi


Pernahkah Anda mendapati munculnya ruam merah pada kulit bayi, dan tak kunjung sembuh? Jika ya, kemungkinan hal tersebut merupakan indikasi adanya alergi pada kulit bayi. Oleh sebab itu, penting bagi Anda, khususnya para orang tua, untuk mengetahui berbagai macam jenis alergi kulit bayi, agar Anda dapat mengenali gejala, pemicu, dan cara mengatasi alergi kulit tersebut.

Meskipun umumnya tidak memnerikan dampak yang bahaya, akan tetapi alergi pada kulit bayi tidak bisa dibiarkan begitu saja. Pasalnya, kondisi ini dapat menyebabkan masalah lain apabila tidak segera diatasi. Tak hanya itu, alergi kulit pada bayi juga akan menyebabkan bayi menjadi lebih rewel, sehingga pada akhirnya si kecil pun kurang tidur akibat rasa gatal yang dideritanya.

Pada dasarnya, alergi kulit pada bayi dapat disebabkan oleh dua hal. Pertama, alergi yang terjadi akibat kulit bayi bersentuhan langsung dengan zat pemicu alergi (alergen). Kedua, alergi yang terjadi akibat sistem kekebalan tubuh bayi bereaksi dengan melepaskan histamin ke kulit sebagai respon terhadap masuknya zat alergen ke dalam tubuh.

Berikut ini berbagai macam jenis alergi kulit pada bayi yang perlu Anda ketahui :

  • Gatal-Gatal dan Bengkak


Pada saat mengalami alergi, bayi biasanya akan merasakan sensasi gatal di kulitnya disertai dengan munculnya bercak atau benjolan berwarna kemerahan. Namun, rasa gatal yang disebabkan karena alergi biasanya tidak berlangsung lama, seperti hanya dalam beberapa jam atau hari, dan dapat sembuh dengan sendirinya.

  • Angioedema


Angioedema merupakan kondisi di mana terjadinya pembengkakan pada jaringan bawah kulit. Kondisi ini umumnya terjadi di beberapa bagian tubuh, seperti kelopak bibir, kelopak mata, tenggorokan ,hingga kelamin. Jika angioedema terjadi di tenggorokan, maka bayi dapat mengalami sesak napas.

Alergi kulit berupa angioedema umumnya disebabkan oleh gigitan atau sengatan serangga, antibiotik, infeksi virus, atau getah tanaman. Selain itu, angioedema juga dapat dipicu oleh berbagai macam makanan, seperti telur, susu, gandum, kacang, dan makanan laut.

  • Alergi Karena Air Liur


Jenis alergi kulit pada bayi lainnya adalah alergi yang disebabkan karena air liur. Namun, jenis alergi ini jarang disadari oleh orang tua bayi. Jenis alergi ini terjadi ketika adanya kontak dengan air liur, kemudian bayi mengalami ruam kemerahan disertai benjolan-benjolan kecil di sekitar mulut, dagu, hingga dada.

Meskipun begitu, sebenarnya alergi akibat air liur tidak perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, apabila ruam yang muncul di kulit bayi berwarna kuning dan berkarak, maka sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda ke doker untuk diperiksa lebih lanjut.

  • Eksim


Eksim merupakan jenis alergi kulit yang juga dapat terjadi pada bayi. Kondisi ini ditandai dengan munculnya ruam di bagian kepala atau wajah, lalu menyebar ke bagian dada dan lengan. Selain itu, gejala lain yang dirasakan adalah berupa kulit kering dan menebal, serta terjadinya infeksi berulang pada kulit.

Penyebab eksim pada bayi sebenarnya masih belum diketahui secara pasti. Namun, sebaiknya hindarilah penggunaan sabun mandi atau deterjen dengan bahan kimia yang keras, serta hindari juga penggunaan handuk atau pakaian dengan bahan kasar yang dapat merusak kulit bayi.

Disqus Comments