Tuesday, November 5, 2019

Rutinitas Sehat di Pagi Hari yang Perlu Anda Coba


Banyak orang yang memilih untuk melanjutkan tidur di pagi hari dibanding melakukan aktivitas, terutama di hari libur. Padahal, penting bagi Anda untuk mengetahui dan melakukan rutinitas sehat pagi hari  dan manfaatnya untuk tubuh.

Pagi hari merupakan waktu yang tepat bagi setiap orang untuk menjalankan rutinitas produktif, sehingga kesehatan tubuh dan mental tidak terganggu. Meskipun begitu, masih banyak orang yang merasa sulit untuk bangun pagi dan memilih melanjutkan tidurnya hingga siang hari. Padahal, sinar matahari pagi mampu membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar, sehingga Anda pun lebih semangat dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Biasanya, orang yang memiliki kebiasaan baik dan tubuh yang bugar, memiliki kebiasaan tersendiri dalam mengawali hari mereka di pagi hari. Kebiasaan-kebiasaan tersebut membuat mereka lebih siap menjalani hari, seperti lebih cekatan dan konsentrasi dalam bekerja, mampu mengatur waktu, dan selalu fokus dalam berbagai macam hal.

Maka dari itu, orang yang memiliki rutinitas baik dan sehat di pagi hari cenderung dapat mengatur waktu dan memiliki jadwal teratur dalam melakukan rutinitas. Berikut ini beberapa rutinitas yang sangat baik dilakukan di pagi hari :

  • Bangun Lebih Awal


Meskipun hal ini sulit dilakukan bagi kebanyakan orang, namun bangun lebih awal merupakan kebiasaan baik yang tentunya dapat menimbulkan awal yang baik pula. Bangun lebih pagi dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh serta meningkatkan konsentrasi saat beraktivitas nanti.
Selain itu, orang yang bagun di pagi hari cenderung dapat meluangkan waktunya untuk berolahraga dan sarapan, sehingga dapat menciptakan pola makan yang rutin untuk kedepannya. Bangun di pagi hari juga dapat membuat kulit terlihat lebih sehat karena mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat dan sinar matahari pagi.

  • Olahraga


Orang yang bangun pagi biasanya memiliki waktu lebih untuk sekedar berolahraga sebelum bekerja. Hal ini membuat orang yang memiliki kebiasaan bangun pagi memiliki tubuh yang lebih bugar dan dapat lebih berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaannya. Tak hanya itu, kebiasaan olahraga di pagi hari juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, membuat seseorang lebih berhati-hati dalam memilih menu makanan, hingga mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik di malam harinya.

  • Sarapan


Banyak orang yang menyepelekan waktu sarapan mereka. Padahal, ketika sarapan tubuh akan mendapatkan energi yang akan digunakan untuk mendukung aktivitas harian Anda. Sementara itu, orang yang terbiasa melewatkan sarapannya, cenderung sulit berkonsentrasi, terlihat lemah, lesu, dan cenderung akan mengonsumsi lebih banyak makanan di siang hari, sehingga menyebabkan berat badan mudah naik.

Manfaat sarapan sendiri pada dasarnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Diantaranya adalah, meningkatkan daya ingat, performa dan ketajaman otak, mendapatkan asupan serat dan kalsium yang lebih tiggi dari biasanya, serta dapat menjaga pola makan yang sehat dan teratur.

Disqus Comments