Wednesday, November 27, 2019

Penyebab Hypnic Jerk dan Dampaknya Bagi Kesehatan


Penyakit Hypnic Jerk. Hypnic jerk atau yang juga dikenal dengan istilah hypnagogic jerk, sleep start, sleep twitch, night start, dan myoclonic jerk, merupakan kondisi berupa terjadinya kedutan otot di bawah sadar yang terjadi kerika seseorang mulai tidur, sehingga menyebabkan orang tersebut terkejut dan terbangun dari tidurnya.

Hypnic jerk adalan salah satu bentuk kedutan otot bawah sadar yang disebut dengan mioclonus. Kondisi ini sering dideskripsikan sebagai sensasi ketika kaget atau dikejutkan oleh sesuatu, atau terkadang disertai dnegan sensasi seperti jatuh dari ketinggian.

Kondisi ini seringkali dikaitkan dengan meningkatnya kekerapan denyut jantung, meningkatnya kekerapan pernafasan, serta berkeringat yang terkadang  disertai kaget dan sensasi terjatuh. Umumnya, hypnic jerk terjadi pada orang-orang yang memiliki pola tidur buruk atau tidak teratur, dan lebih banyak ditemukan di Amerika Serikat.

Penyebab Hypnic Jerk

Hingga saat ini, masih belum diketahui penyebab pasti dari kondisi hypnic jerk. Namun, ada beberapa hipotesa yang mencoba menjelaskan mengenai sensasi terkejut yang terjadi saat tidur ini. Salah satu teori yang menyebutkan bahwa ketika seseorang mulai tidur, terjadi perubahan denyut jantung dan pola pernafasan. Dalam kondisi ini, denyut jantung dan napas menjadi lebih lambat dari biasanya, suhu tubuh turun secara perlahan, dan semua hal ini menyebabkan terjadinya perubahan tonus otot atau ketegangan otot.

Hypnic jerk diduga terjadi ketika masa peralihan tonus otot tersebut. Sementara itu, teori lainnya menjelaskan bahwa ketika seseorang mulai tidur, maka otak otak dapat mengalami kekeliruan dalam menginterpretasi berelaksasinya otot sebagai proses di mana seseorang sedang jatuh dari ketinggian, sehingga otak kemudian mengirimkan sinyal untuk menegangkan otot guna melindungi diri.

Beberapa teori juga mengatakan bahwa hypnic jerk dapat disebabkan karea stres, konsumsi kafein berlebihan, kecemasan, gangguan tidur, hingga olahraga malam.

Baca Juga : Penyebab Kaki Selalu Bergerak saat Tidur

Pengaruh Hypnic Jerk bagi Kesehatan

Sebenarnya, hypnic jerk bukanlah suatu kondisi yang berbahaya untuk kesehatan. Bahkan, kebanyakan orang yang mengalami kondisi ini dapat tidur dengan nyenyak setelahnya tanpa terganggu. Namun, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko terjadinya hypnic jerk. Diantaranya adalah :

  • Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kafein dan alkohol.
  • Lakukan olahraga yang dapat menenangkan tubuh, seperti yoga dan pilates.
  • Konsumsi minuman herbal.
  • Melakukan relaksasi tubuh sebelum tidur.
  • Konsumsi suplemen tambahan, seperti kalsium dan magnesium.
Disqus Comments