Sunday, November 24, 2019

Manfaat Minum Jeruk Kalamansi untuk Kesehatan


Manfaat Minuman Jeruk Kalamansi. Jeruk kalamansi atau yang memiliki nama latin Citrus Microcarpa merupakan tanaman yang termasuk kedalam keluarga Rutaceae. Tanaman ini merupakan hasi persilangan antara Citrus Retifulata dengan Fortunella Margarita. Jeruk yang juga dikenal dengan sebutan jeruk kasturi ini merupakan jenis keruk yang biasa ditemukan untuk bahan campuran minuman, terutama es kelapa. Jeruk ini memiliki aroma yang harum dan rasanya manis dan sedikit asam. Selain itu, jeruk kalamansi juga sering dijadikan penghilang bau amis pada masakan.

Jeruk kalamansi memiliki tekstur kulit yang halus dan berpori minyak. Buah ini memiliki ukuran dengan diameter sekitar 3 - 4 cm. Jenis jeruk ini juga diperkaya dengan bulir-bulir sitrat yang mudah dipisahkan. Selain dapat dijadikan minuman segar, penyedap rasa atau penghilang bau amis pada makanan, jeruk kalamansi juga memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Lantas, apa saja manfaat jeruk kalamansi untuk kesehatan tubuh? Simak ulasan di bawah ini.

Berikut ini beberapa manfaat konsumsi jeruk kalamansi bagi kesehatan tubuh :

  • Menghilangkan Lemak


Air perasan jeruk kalamansi dapat diolah menjadi minuman segar dan nikmat. Selain itu, minuman ini juga bermanfaat untuk menghilangkan lemak yang menumpuk, seperti lemak di perut. Untuk mendapat hasil yang maksimal, Anda dapat mengonsumsi air jeruk kalamansi yang dicampur dengan teh, air hangat, dan tanpa tambahan gula.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis dan Madu untuk Kecantikan

  • Menurunkan Kadar Kolesterol


Selain dapat menghilangkan lemak di perut yang menyebabkan perut buncit, jeruk kalamansi juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal ini diesbabkan karena, jeruk kalamansi memiliki kandungan flavonoid, antioksidan, anti-hypertension, dan anti-hypercholesterolemia yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Sama seperti jenis jeruk lainnya, jeruk kalamansi juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Dengan begitu, Anda dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lancar dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Meningkatkan Kesehatan Kulit


Memiliki kulit sehat, cerah, terawat merupakan impian semua orang. Untuk mendapatkannya, Anda dapat mengonsumsi jeruk kalamansi secara rutin. Hal ini disebabkan karena, jeruk kalamansi memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, yang mana dapat membantu menyamarkan noda hitam pada wajah secara berkala, sekaligus mencegah terjadinya penuaan dini.

  • Mengobati Batuk


Jeruk kalamansi juga dapat Anda manfaatkan sebagai obat batuk alami. Caranya adalah dengan mengonsumsi air jerk kalamansi yang dicampur dengan kecap dan garam secara rutin. Dengan begitu, batuk akan berangsur pulih.

https://lingshenyao.id/obat-tumor-payudara/
Disqus Comments