Tuesday, November 12, 2019

Makanan dengan Lemak Baik untuk Diet


Lemak Sehat untuk Diet. Makanan berlemak mungkin menjadi suatu hal yang ingin Anda jauhi, terutama bagi Anda yang sedang menjaga pola makan untuk menurunkan berat badan. Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua makanan berlemak itu tidak sehat. Ada jenis lemak yang dapat merugikan kesehatan dan tentunya harus dihindari, yakni Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang bisa disebut dengan lemak jahat. Sementara itu, ada juga lemak yang dibutuhkan oleh tubuh, yakni High Density Lipoprotein (HDL) atau yang bisa disebut dengan lemak baik.

Mungkin Anda masih bingung dalam memilih makanan yang mengandung lemak baik. Nah, berikut ini beberapa makanan dengan lemak baik, yang aman untuk dikonsumsi meskipun sedang diet :

  • Ikan


Macam-macam ikan, seperti ikan salmon, ikan mackerel, ikan tuna, dan ikan sarden, merupakan makanan sumber lemak baik. Ikan-ikan ini memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan, terutama kesehatan jantung. Asam lemak omega 3 juga dapat menjaga fungsi otak, sehingga makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.American Heart Association (AHA) juga menganjurkan setiap orang agar mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak dalam satu minggu, dengan masing-masing porsi sekitar 80 gram. Alih-alih digoreng, Anda dapat mengolah ikan dengan cara direbus atau dipanggang.

Baca Juga : Cara Diet Aman dan Sehat yang Bikin Cepat Kurus

  • Alpukat


Meskipun memilik kalori yang cukup tinggi, bukan berarti buah alpukat tidak dapat menjadi menu makanan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, lemak yang terdapat pada buah alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi kesehatan. Buah ini diperkaya akan kandungan kalium dan serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, buah ini juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama, serta dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat dan meningkatkan kadar lemak baik di dalam tubuh. Maka dari itu, alpukat juga dapat menjaga kesehatan jantung Anda.

  • Telur


Telur juga merupakan makanan sumber asam lemak omega 3 yang baik. Namun, kebanyakan orang menghindari telur karena dianggap mengandung kolesterol tinggi. Padahal, telur merupakan makanan sumber protein yang sangat berkualitas bagi Anda yang sedang menjalani diet vegetarian.

  • Kacang-Kacangan


Lemak terdapat pada kacang-kacangan, seperti kacang almond, kacang mete, dan kenari merupakan lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan, sehingga aman dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani diet. Selain itu, kacang-kacangan juga diperkaya dengan antioksidan, seperti vitamin E dan serat makanan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

  • Minyak Zaitun


Para ahli menyarankan minyak zaitun dalam Diet Mediterania. hal ini disebabkan karena, selain sehat, senyawa alami yang terkandung dalam minyak zaitun (asam oleat) juga memiliki sifat anti penuaan. Bagi Anda yang sedang diet, Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak goreng biasa dalam mengolah masakan.

https://lingshenyao.id/obat-kanker-hati/
Disqus Comments