Wednesday, November 6, 2019

Gejala dan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Harus Diwaspadai


Kadar kolesterol tinggi sering kali diabaikan dan dianggap remeh. Padahal apabila tubuh Anda memiliki kadar kolesterol jahat yang tinggi, maka dampak buruknya adalah dapat menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan, seperti terganggunya sirkulasi darah, penyakit jantung, dan stroke. Untuk menghindari masalh kesehatan tersebut, maka langkah yang dapat Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, serta mengatahui penyebab dan gejala kolesterol tinggi dan juga kadar kolesterol normal di dalam tubuh seperti yang akan dijelaskan di bawah ini. 

Gejala Kolesterol

Sebenarnya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala khusus pada tubuh Anda. Hal ini menyebabkan banyak orang tidak menyadari bahwa Ia memiliki kadar kolesterol yang di atas normal, hingga pada akhirnya muncul komplikasi serius seperti penyakit jantung atau stroke. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin agar dapat segera melakukan tindakan apabila kadar kolesterol di dalam tubuh tinggi.

Penyebab Kolesterol

Berikut ini beberapa hal pemicu kolesterol tinggi yang perlu Anda ketahui :
  • Faktor genetik atau turunan.
  • Gaya hidup tidak sehat, seperti terlalu banyak konsumsi makanan berlemak tinggi (terutama junk food), merokok, dan mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Penderita diabetes, obesitas (kegemukan), dan hipotirodisme memiliki risiko lebih tiggi mengalami kolesterol.

Kadar Kolesterol Normal


Berikut ini batas kolesterol normal yang perlu Anda ketahui :

  • Kolesterol baik (HDL)

Semakin tinggi kadar kolesterol baik (HDL) di dalam tubuh, maka semakin baik pula untuk kesehatan. Pasalnya, HDL dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit jantung. Tingkat HDL yang baik pada anak minimal adalah 45 mg/dL, sedangkan pada orang dewasa minimal 60 mg/dL. Dengan begitu, risiko untuk terkena penyakit jantung pun akan semakin berkurang. Sebaliknya, jika kadar HDL di dalam tubuh kurang dari 40 mg/dL justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.
  • Kolesterol Jahat (LDL)

Karena dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan, kolesterol jahat atau LDL sebaiknya berada dalam tingkat yang rendah atau dalam jumlah yang masih bisa di toleransi tubuh. Jumlah LDL yang dapat ditoleransi oleh tubuh anak-anak adalah kurag dari 110 mg/dL, sedangkan pada orang dewasa adalah 100-129 mg/dL. Jika melebihi jumlah tersebut, maka kolesterol jahat dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan, seperti terganggunya aliran darah, stroke, hingga penyakit jantung.
  • Trigliserida

Trigliserida merupakan jenis lemak yang dapat memicu terjadinya penyakit jantung. Maka dari itu, semakin rendah kadar trigliserida di dalam tubuh, maka semakin baik untuk kesehatan. Jumlah trigliserida yang baik pada anak adalah dibawah 130 mg/dL, sedangkan pada orang dewasa berada di bawah 150 mg/dL. Jika jumlah trigliserida berada pada ambang batas yang tinggi, maka seseorang perlu melakukan perawatan untuk mencegah terjadinya penyakit-penyakit serius. 
  • Kolesterol Total

Kolesterol total merupakan gabungan dari jumlah kolesterol baik, kolesterol jahat, dan juga trigliserida dalam setiap desiliter (dL) darah. Jumlah kolesterol total yang baik pada anak-anak adalah 170 mg/dL, jika sudah melewati 200 mg/dL maka akan berdampak buruk dan harus segera mendapatkan perawatan. Sedangkan jumlah kolesterol total yang baik pada orang dewasa adalah kurang dari 200 mg/dL. Jika kolesterol total lebih dari 200 mg/dL atau kurang dari 40 mg/dL, maka perlu dilakukan pemeriksaan kolesterol yang mencakup LDL dan trigliserida.
Disqus Comments